Jumat 24 Jan 2014 00:41 WIB

Dortmund Buru Peringkat Ketiga

Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol.
Foto: AP Photo/Frank Augstein
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Borussia Dortmund akan "berburu" peringkat ketiga di Liga Jerman ketika mereka menjamu Augsburg pada Sabtu, sebelum mereka memikirkan untuk memangkas selisih 12 angka dengan pemuncak klasemen Bayern Munich.

Serangkaian cedera pemain, dan buruknya penampilan di liga, membuat Dortmund hanya mendulang empat angka dari enam pertandingan terakhir mereka di liga pada 2013, termasuk tiga kekalahan beruntun di kandang sendiri, yang membuat mereka turun dari peringkat kedua ke posisi keempat.

Dengan dua pemain bek sayap Lukasz Piszczek dan Marcel Schmelzer termasuk dalam daftar bek cedera, pelatih Juergen Klopp mengatakan dirinya sekarang menikmati situasi harus membuat pilihan-pilihan yang sulit, dibanding saat timnya masih lengkap.

Dengan kondisi Dortmund tertinggal lima angka dari tim peringkat kedua Bayer Leverkusen dan tertinggal satu angka dari tim peringkat ketiga Borussia Moenchengladbach, Klopp menginginkan timnya mampu mengatasi rival-rival itu sebelum memikirkan Bayern.

"Ini akan menjadi pertama kalinya saya akan harus membuat keputusan-keputusan sulit mengenai siapa yang akan bermain, itu merupakan hal yang bagus," kata Klopp ketika Liga Jerman dilanjutkan akhir pekan ini setelah libur musim dingin selama empat pekan.

"Untuk dapat bertarung, Anda memerlukan tujuan yang dapat Anda capai, dan kami terlalu jauh maka pertama-tama, kami perlu mengejar dua tim di atas kami."

"Kami sekarang berada dalam peran sebagai pemburu, kami berada di peringkat keempat dan mengejar Bayern bukanlah tujuan kami."

"Ini semua mengenai menghadapi Augsburg dan berusaha kembali menduduki peringkat ketiga."

CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke berkata bahwa tujuan Dortmund untuk sisa musim ini adalah lolos langsung ke Liga Champions musim depan, yang akan bermakna finis di posisi tiga besar.

Klopp mengatakan kedua bintang Jermannya, gelandang Ilkay Gundogan dan bek tengah Mats Hummels, belum pulih untuk menghadapi Augsburg, namun akan kembali dalam beberapa pekan mendatang.

"Ilkay memiliki masalah punggung, kemudian virus, namun itu tidak akan lama sebelum ia kembali," kata Klopp.

"Mats terlihat bagus saat latihan, otot paha belakangnya bukan masalah dan saya berharap ia kembali untuk (pertandingan melawan) Eintracht Braunschweig (pada 31 Januari)."

Sementara itu, Dortmund telah meminta kepada Liga Sepak Bola Jerman (DFL) untuk memajukan waktu pertandingan mereka saat menjadi tuan rumah untuk derby Lembah Ruhr melawan Schalke 04 pada 25 Maret, agar digeser dari pukul 20.30 (waktu setempat) menjadi pukul 20.00.

Pemikiran itu didasari keinginan untuk memberikan peluang lebih besar kepada petugas keamanan dan polisi untuk mengantisipasi masalah kerusuhan penonton saat hari masih terang, setelah terjadi keributan pada derby terakhir di Dortmund yang dimainkan pada Oktober 2012.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement