Senin 27 Jan 2014 16:07 WIB

Ventforet Kofu Kontrak Irfan Bachdim Satu Musim

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Irfan Bachdim
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Irfan Bachdim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Irfan Bachdim resmi menjadi pemain klub divisi satu Liga Jepang (J-League) Ventforet Kofu. Striker naturalisasi asal Belanda tersebut diikat dengan kontrak berdurasi satu musim.

Manajer Umum Ventforet Kofu, Satoru Sakuma mengatakan senang bisa mendatangkan Irfan. Menurutnya, Irfan merupakan tipikal pemain yang sedang dibutuhkan timnya. 

"Irfan kami kontrak satu musim. Saya yakin keberadaanya bisa mendongkrak performa tim," kata Sakuma dalam sesi konferensi pers di kantor Garuda Indonesia di Cengkareng, Senin (26/1). 

Sakuma mengatakan, Irfan sudah menjalani seleksi bersama Kofu sejak Desember 2013. Saat itu, Irfan mengikuti latihan selama tiga hari dan menjalani uji coba melawan tim lokal. 

Dalam waktu sesingkat itu,  Irfan sudah bisa menujukkan potensinya. Dari hasil pengamatan tim pelatih Kofu, Irfan dinilai memiliki kecepatan dan penempatan posisi yang bagus. "Dua kelebihan Irfan itu akan mendatangkan banyak manfaat bagi tim," Sakuma  mengatakan. 

Karena, tambah dia, J-League sangat menuntut kecepatan pemain. Salah satunya dalam hal transisi permainan dari menyerang ke bertahan atau pun sebaliknya. 

Irfan menilai kepindahannya ke Kofu adalah sebuah langkah besar dalam karier profesionalnya. "J-League adalah kompetisi level tinggi di Asia. Ini adalah langkah besar buat saya," ujar Irfan. 

Striker berusia 25 tahun itu tak memasang target muluk-muluk bersama Kofu. Meski pun berposisi sebagai seorang striker, ia tak membebani diri untuk mengejar koleksi gol. Yang terpenting baginya adalah bermain sebanyak mungkin dan terus mengantarkan Kofu meraih kemenangan dalam setiap laga demi mendongkrak prestasi tim.  

Musim lalu, Kofu terpuruk di peringkat 15 klasemen dengan torehan 37 poin dari 34 pertandingan. Sebagai pemain baru, Irfan menargetkan Kofu bisa berada di peringkat lebih baik pada musim ini. "Setidaknya Kofu harus bisa masuk 10 besar," tegas Irfan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement