Kamis 06 Feb 2014 04:21 WIB

Timnas U-19 Sikat Persiba Bantul

Timnas Indonesia U-19
Foto: ligaindonesia.co.id
Timnas Indonesia U-19

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Timnas Indonesia U-19 kembali membukukan kemenangan dalam Tur Nusantara. Usai melumat PSS Sleman dua hari lalu, kali ini Garuda Jaya mengalahkan Persib Bantul dengan skor  2-0.

Dilansir situs Ligaindonesia.co.id, bertanding di Stadion Sultan Agung, Bantul, Rabu (5/2) malam, anak asuh Indra Sjafri ini langsung menekan pertahanan tuan rumah dari menit pertama. Tetapi tuan rumah Persiba Bantul juga tampil agresif. Hal itu membuat Garuda Jaya dibuat kerepotan, sehingga harus fokus menjaga area pertahanan sendiri.

Hanya saja, selang 10 menit kemudian, perlahan Evan Dimas dkk bisa menguasai permainan. Puncaknya menit ke-13 Garuda Jaya berhasil unggul 1-0 melalui striker Muchlis Hadi Ning. Memanfaatkan umpan terobosan Zulfiandi, Muchlis sukses merobek jala Persiba Bantul setelah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang.

Unggul satu gol, Timnas U-19 semakin di atas angin. Tidak menunggu waktu lama, tujuh menit kemudian Evan Dimas berhasil menggandakan keunggulan Garuda Jaya. Memanfaatkan kesalahan barisan belakang Persiba Bantul, Evan meliuk-liuk masuk ke dalam kotak pinalti.

Kapten Timnas U-19 itu pun melepaskan tembakan dari sudut sempit, yang mengarah ke tiang jauh tanpa bisa dihalau kiper Persiba Bantul. Kemasukan dua gol, Persiba melakukan rotasi penjaga gawang dengan memasukkan M Yasir.

Masuknya kiper senior tersebut untuk berdiri di bawah mistar, rupanya efektif. Setidaknya mantan kiper Arema itu bisa menahan gempuran Garuda Jaya, hingga babak pertama berakhir. Tertinggal 0-2, Persiba bermain lebih berani menekan diparuh kedua.

Menit 52 Timnas U-19 sempat mendapat tekanan, beruntung tendangan keras dari salah satu pemain Persiba bisa dihalau Awan Setho. Menit ke-61 giliran akselerasi Muchlis yang mengancam gawang Persiba, sayangnya tendangan Zulfiandi yang menerima bola sodoran Muchlis masih melebar.

Beberapa kali terlihat lini depan Timnas U19 mampu memberikan ancaman bagi pertahanan Persiba Bantul. Namun hingga laga usai Timnas U-19 tetap unggul 2-0 atas Persiba Bantul.

Usai laga arsitek Garuda Jaya, Indra Sjafri mengatakan secara keseluruhan ada peningkatan daripada ujicoba pertama lawan PSS Sleman lalu.

"Problem yang harus diperbaiki, finishing, dan juga set piece. Dua ujicoba ini, selain teknis, Timnas juga dapat aura non teknis berupa dukungan full penonton terhadap tim tuan rumah. Selain itu salah satu tujuan Tur Nusantara adalah pemantapan tim, sambil cari pemain dari tim lawan, asal memenuhi kriteria," kata Indra.

Timnas U-19 selanjutnya akan melawan Tim Pra Pon Yogyakarta di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta pada Jumat (7/2) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement