Jumat 07 Feb 2014 18:22 WIB

Brasil Kerahkan 100 Ribu Aparat Amankan Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 Brasil
Foto: blogspot
Piala Dunia 2014 Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Sedikitnya 100.000 personel keamanan akan ditempatkan di seluruh Brasil bagi turnamen bergengsi Piala Dunia 2014 karena panitia penyelenggara berusaha mencegahnya berulangnya aksi kerusuhan yang mengguncang negeri itu tahun lalu. Demikian kata seorang pejabat pada Kamis.

Andrei Rodrigues, sekretaris khusus bagi keamanan dan keselamatan pada ajang-ajang besar, mengatakan total personel keamanan yang bertugas selama turnamen akbar sepak bola itu berlangsung akan berlipat ganda jumlahnya dari sewaktu digelarnya acara Piala Konfederasi 2013.

"Pada Juni tahun lalu, personel keamanan bagi Piala Konfederasi yang dikerahkan adalah 50.000 orang yang dimobilisasi di seluruh Brasil. Kami memperkirakan bakal ada 100.000 profesional keamanan yang akan dimobilisasi bagi Piala Dunia," ujar Rodrigues kepada wartawan.

Mereka itu termasuk para petugas dari kepolisian dan militer. Ada juga Pasukan Nasional yakni suatu unit elit yang akan siaga turun tangan jika diperlukan.

Rodrigues berbicara saat melakukan tur selama sepekan ke-12 kota yang akan menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan Piala Dunia yang diikuti 32 tim, yang merupakan ajang olahraga terbesar yang pernah digelar oleh Brasil.

Rodrigues akan mengumpulkan informasi mengenai pengaturan di setiap arena pertandingan dan kemudian akan melaporkannya kembali kepada Presiden Brasil, Dilma Rousseff, karena Brasil akan mencanangkan rencana keamanannya bagi turnamen tersebut.

Piala Dunia yang berlangsung sebulan penuh akan dimulai pada 12 Juni mendatang.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement