Rabu 12 Feb 2014 17:45 WIB

Keane: Kejatuhan MU Salah Ferguson

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
Sir Alex Ferguson
Foto: AP/Jon Super
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER  --  Hanya mengumpulkan 41 poin dari 25 laga, Manchester United masih bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara Liga Primer Inggris. Torehan ini menjadi yang terburuk dalam 24 tahun terakhir kiprah United di kancah Liga Primer Inggris. Diragukan tidak akan mampu mempertahankan titel Liga Primer Inggris, United bahkan dianggap kesulitan untuk bisa finis di tempat keempat Liga Primer Inggris.

Berbagai faktor disebut sebagai kejatuhan juara Liga Primer Inggris musim lalu tersebut. Mulai dari ketidakmampuan pelatih United, David Moyes, dalam menerapkan variasi taktik, hingga kegagalan mendapatkan sejumlah pemain bintang pada bursa transfer musim panas lalu menjadi faktor penyebab kejatuhan United tersebut.

Mantan kapten Manchester United, Roy Keane, memiliki pendapat sendiri terkait kejatuhan United. Tidak tanggung-tanggung, Keane menunjuk mantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, sebagai biang keladi kejatuhan United pada musim ini. Performa buruk United pada musim ini merupakan puncak dari kebijakan transfer yang diusung Ferguson pada beberapa musim terakhirnya di Stadion Old Trafford.

''Mereka seperti mengambil jalan pintas dalam aspek pembelian transfer pemain dalam beberapa tahun terakhir. Mereka tidak keluar ke bursa transfer dan mendatangkan pemain-pemain besar. Sekarang mereka merasakan akibat dari hal itu,'' kata Keane seperti dikutip The Express, Rabu (12/2).

Paling tidak, kata Keane, United membutuhkan lima hingga enam pemain baru dengan kualitas yang cukup bagus. Jika United memang berniat membangun kembali tim mereka, pengoleksi 20 titel Liga Primer Inggris itu harus berani aktif di jendela transfer pemain.

''Mereka harus berani tampil di bursa transfer, bukan malah khawatir. Mereka harus mengambil kesempatan itu di bursa transfer musim panas mendatang,'' lanjut mantan pelatih Sunderland tersebut.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 5 4 1 0 13 8 13
2 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
3 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
4 Arsenal Arsenal 5 3 2 0 8 5 11
5 Chelsea Chelsea 5 3 1 1 11 6 10
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement