Rabu 12 Feb 2014 18:06 WIB

Keane: Moyes Berhak Diberi Kesempatan

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Fernan Rahadi
David Moyes
Foto: theguardian.com
David Moyes

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Hanya mengumpulkan 41 poin dari 25 laga, Manchester United masih bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara Liga Primer Inggris. Torehan ini menjadi yang terburuk dalam 24 tahun terakhir kiprah United di kancah Liga Primer Inggris. Diragukan tidak akan mampu mempertahankan titel Liga Primer Inggris, United bahkan dianggap kesulitan untuk bisa finis di tempat keempat Liga Primer Inggris.

Berbagai faktor disebut sebagai kejatuhan juara Liga Primer Inggris musim lalu tersebut. Mulai dari ketidakmampuan pelatih United, David Moyes, dalam menerapkan variasi taktik, hingga kegagalan mendapatkan sejumlah pemain bintang pada bursa transfer musim panas lalu menjadi faktor penyebab kejatuhan United tersebut.

Alih-alih menunjuk hidung David Moyes sebagai faktor utama penampilan buruk United, Mantan kapten United, Roy Keane justru berharap pihak manajemen United memberikan kesempatan buat pelatih asal Skotlandia tersebut. Fans-fans United juga harus memberikan kepercayaan buat mantan pelatih Everton tersebut.

''Saya kira, dia (Moyes) berhak diberi kesempatan dan waktu yang lebih banyak. Publik di Inggris khawatir dengan kata pembangunan kembali, tapi saya lebih senang menggunakan kata tersebut,'' lanjut penggawa United pada 1993 hingga 2005.

Tekanan yang terus diberikan kepada Moyes. Gagal di dua kancah domestik, Piala Liga dan Piala FA, pelatih asal Skotlandia itu juga tidak mampu memberikan jaminan terkait posisi United di klasemen sementara Liga Primer Inggris. Bahkan, dalam lima laga terakhir, United mengalami tiga kali kekalahan, satu kemenangan, dan satu imbang.

Sejumlah pihak pun menyebut, United salah dalam menunjuk Moyes sebagai pengganti Sir Alex Ferguson sebagai pelatih kepala United pada awal musim. Selain dikritik lantaran bukan termasuk pelatih papan atas Liga Primer Inggris, Moyes juga dikritik lantaran tidak piawai dalam membaca jalannya laga untuk kemudian menerapkan taktik cadangan.

Namun, Moyes mencoba tetap tenang dengan berbagai tekanan yang diberikan padanya. ''Bukan tanpa alasan saya diberikan enam tahun dalam kontrak saya. Semua hal yang baru selalu membutuhkan waktu. Saya yakin, semuanya akan baik-baik saja, dan menjadi tugas kami untuk memastikan semua baik-baik saja' tutur Moyes di Express.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Manchester City Manchester City 5 4 1 0 13 8 13
2 Liverpool Liverpool 5 4 0 1 10 9 12
3 Aston Villa Aston Villa 5 4 0 1 10 3 12
4 Arsenal Arsenal 5 3 2 0 8 5 11
5 Chelsea Chelsea 5 3 1 1 11 6 10
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement