Rabu 05 Mar 2014 21:42 WIB

Kagawa Masih 'Joss'

Shinji Kagawa
Foto: AP/Jon Super
Shinji Kagawa

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Penghangat bangku pemain cadangan Manchester United Shinji Kagawa mencetak gol internasional pertamanya dalam enam bulan untuk memberi pesan kepada pelatihnya David Moyes, ketika Jepang menang 4-2 atas Selandia Baru pada pertandingan persahabatan, Rabu (5/4).

Total sebanyak empat gol tercipta dalam 17 menit pertama, termasuk sepasang gol dari penyerang Mainz Shinji Okazaki, yang mengunci kemenangan bagi Samurai Biru dalam pertandingan internasional terakhir mereka sebelum pelatih Alberto Zaccheroni memilih 23 anggota tim pada awal Mei untuk Piala Dunia di Brazil.

Penyerang Leicester City Chris Wood mencetak dua gol untuk mengecilkan ketinggalan tim All Whites.

Kagawa hanya bermain sebanyak sembilan kali dari 27 pertandingan United di Liga Utama Inggris pada musim ini, tanpa mencetak gol atau memberikan umpan yang berbuah gol.

Ia dijatuhkan di kotak terlarang setelah mendapat bola umpan silang dari rekrutan baru AC Milan Keisuke Honda pada menit ketujuh. Gelandang serang berusia 24 tahun ini melompat gembira setelah eksekusi penaltinya melewati kiper Glen Moss untuk menjadi gol kedua Jepang pada malam ini.

Ini merupakan gol perdana Kagawa untuk negaranya sejak mereka menang 3-1 atas Ghana pada pertandingan persahabatan yang dimainkan September tahun lalu. "Kami melakukan apa yang ingin kami lakukan pada 30 menit pertama, membuat Selandia Baru hanya mampu memandangi kami," kata pelatih asal Italia Zaccheroni.

"Namun kami melambat dan Selandia Baru keluar menyerang setelah itu. Mereka merupakan tim yang bagus."

Kagawa memiliki andil pada gol pertama yang terjadi tiga menit sebelumnya ketika ia mengirim bola panjang yang melewati lini belakang Selandia Baru. Okazaki kemudian menaklukkan Bill Tuiloma dan dan menggulirkan bola melewati Moss.

Pada menit ke-11, Masato Morishige menanduk bola untuk menjadi gol internasional pertamanya, di mana ia meneruskan tendangan bebas dari Honda.

Honda juga berperan pada gol kedua Okazaki dengan sepakan tumitnya. Pemain depan Mainz itu kemudian melepaskan sepakan voli dengan kaki kirinya pada menit ke-17.

Wood memperkecil ketinggalan Selandia Baru, yang gagal lolos ke Brazil setelah kalah dari Meksiko di playoff antar benua, pada menit ke-39.

Jepang, yang berada satu grup dengan Kolombia, Pantai Gading, dan Yunani di Piala Dunia, menurunkan tempo setelah unggul 4-1 pada saat turun minum, dan mengganti empat pemain termasuk Okazaki.

Semenit setelah Kagawa diganti pada menit ke-79, Wood melepaskan sepakan voli untuk menjadi gol keduanya untuk mengubah skor menjadi 4-2.

Pada peluang terakhir Jepang, Honda mengambil tendangan bebas pada menit ke-88 namun tembakannya dari jarak 20 meter dapat ditinju oleh Moss. Honda juga kesulitan untuk tampil meyakinkan setelah pindah ke Milan pada Januari, dan ia belum mencetak gol dari tujuh pertandingan Liga Italia.

Jepang bermain tanpa dua pemain mereka yang tampil reguler untuk tim Eropa - bek Schalke Atsuto Uchida dan gelandang Nuremberg Makoto Hasebe - yang sedang dililit cedera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement