Kamis 06 Mar 2014 06:56 WIB

Hari Jadi Real Madrid ke-112 Tahun

Rep: C63/ Red: Citra Listya Rini
Logo Real Madrid
Foto: bright-journey.com
Logo Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Bertepatan pada hari ini tahun 1902, Madrid Football Club didirikan oleh sekelompok fans di Madrid, Spanyol. Pada awalnya kehadiran sepak bola di Madrid diperkenalkan para akademisi dan mahasiswa dari Institución libre de enseñanza  termasuk beberapa lulusan dari Universitas Oxford danUniversitas Cambridge.

Mereka mendirikan Football Club Sky pada 1897 yang kemudian bermain sepak bola secara rutin pada hari Minggu pagi di Moncloa. Klub ini kemudian terpecah menjadi dua pada tahun 1900, yaitu: New Foot-Ball de Madrid dan Club Español de Madrid. 

Klub kemudian terpecah lagi pada tahun 1902 yang kemudian menghasilkan pembentukan Madrid Football Club pada tanggal 6 Maret 1902. Dan saat ini dikenal sebagai Real Madrid, klub yang kelak menjadi salah satu klub sepakbola Eropa paling sukses di  abad ke-20.

Saat awal terbentuk, Madrid FC memakai biru- putih sebagai warna seragam kebesarannya. Tiga tahun setelah berdirinya, pada tahun 1905, di bawah pelatih pertama mereka, Arthur Johnson, Madrid FC merebut gelar pertama setelah mengalahkan Athletic Bilbao pada final Copa del Rey.

Klub ini menjadi salah satu anggota pendiri dari Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol pada 4 Januari 1909 ketika presiden klub Adolfo Meléndez menandatangani perjanjian dasar pendirian Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol.

Pada tahun 1920, nama klub diubah menjadi Real Madrid setelah Alfonso XIII dari Spanyol memperbolehkan klub menggunakan kata Real, yang berarti kerajaan kepada klub ini. 

Pada tahun 1929, Liga Spanyol didirikan Real Madrid sepanjang musim memimpin klasemen liga hingga pertandingan terakhir, namun secara mengejutkan di akhir pertandingan mereka kalah oleh Athletic Bilbao. Sehingga gelar yang sudah di depan mata, direbut oleh Barcelona.

Real Madrid akhirnya berhasil memenangkan gelar La Liga pertama mereka pada musim 1931-32. Real Madrid kemudian berhasil mempertahankan gelarnya pada musim berikutnya dan sukses menjadi klub Spanyol pertama yang menjuarai La Liga dua kali berturut-turut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement