Jumat 07 Mar 2014 21:06 WIB

PSG Bertekad Hindari Rasa Puas

Para pemain PSG merayakan gol yang dicetak Maxwell. Partai melawan Montpellier di Stade de la Masson, Senin (12/11) itu berakhir imbang 1-1
Foto: sport360
Para pemain PSG merayakan gol yang dicetak Maxwell. Partai melawan Montpellier di Stade de la Masson, Senin (12/11) itu berakhir imbang 1-1

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Masih segar dari keberhasilan mengalahkan rival terbesar mereka pada akhir pekan silam, pemuncak klasemen Liga Prancis Paris Saint Germain bertekad menghindari rasa puas ketika mereka melawat ke markas Bastia pada Sabtu.

Pasukan Laurent Blanc yang menguasai puncak klasemen liga ini menang 1-0 atas Marseille pada laga "Classique" di Parc des Princes pada pertandingan terakhir mereka untuk total mengoleksi 64 angka - rekor raihan angka untuk fase ini pada sepanjang musim - dan membuka selisih delapan angka dengan rival terdekatnya AS Monaco.

Terlihat terlalu kuat bagi para lawannya di kancah domestik, klub dari ibukota itu dapat dimaklumi jika mereka memfokuskan semua perhatian terhadap Liga Champions, di mana mereka akan berupaya mempertahankan keunggulan 4-0 dari Bayer Leverkusen pada pertandingan kedua babak 16 besar Rabu mendatang.

Walau demikian, menjelang lawatan mereka ke Corsica untuk menghadapi Bastia yang menghuni peringkat kesembilan di klasemen yang hanya meraih satu kemenangan dari lima pertandingan terakhirnya di Liga Prancis, Blanc menolak untuk mengakui bahwa gelar kedua beruntun sudah aman.

"Bukan tergantung pada saya untuk mengonfirmasi atau membantahnya. Saya pikir lebih baik berada di situasi kami dibandingkan para pengejar kami," kata pria 48 tahun ini.

"Masih ada banyak nilai yang dapat diambil. Kami memiliki jumlah nilai yang bagus, namun kami memerlukan lebih. Ini belum selesai."

"Sebagian orang akan berkata bahwa jika ada celah yang terlalu besar kami akan mulai kehilangan fokus. Tidak ada solusi yang mudah. Namun kami mampu menjaga jarak diri sendiri dari rival-rival kami dan kami tidak akan mengeluh."

Blanc mencemaskan kondisi para pemainnya yang baru memperkuat negaranya masing-masing pada pekan ini, sedangkan Edinson Cavani diizinkan untuk kembali ke kampung halamannya di Uruguay karena alasan-alasan pribadi namun ia diperkurakan akan dapat dimainkan pada pertandingan Sabtu ini.

Tim peringkat kedua Monaco menjadi Sochaux yang terancam degradasi ketika mereka berupaya kembali ke jalur kemenangan, menyusul kekalahan 0-2 di markas Saint Etienne pada pertandingan terakhirnya.

Sekarang pasukan Claudio Ranieri berharap dapat mengamankan tiket otomatis lolos Liga Champions sebagai tim peringkat kedua secepatnya, namun mereka tidak akan meremehkan Sochaux, yang mendulang tiga kemenangan dan imbang dua kali dari enam pertandingan terakhirnya, untuk menjaga peluang mereka lolos dari ancaman degradasi.

"Sebagian orang berpikir akan mudah untuk melawan Sochaux, saya berpikir sebaliknya. Saya memiliki perasaan bahwa tim ini akan bertahan," kata Ranieri, sebelum menambahi bahwa kapten Eric Abidal akan absen pada pertandingan di Stade Louis II setelah sempat dibawa ke rumah sakit pada awal pekan ini akibat mengonsumsi obat flu yang salah.

"Eric Abidal tidak siap untuk Sabtu. Demikian juga dengan Aymen Abdennour, (namun) Dimitar Berbatov telah meningkatkan kondisi fisiknya dan ia akan dapat dimainkan sejak awal."

Lille, di peringkat ketiga, menghadapi ujian berat saat menghadapi Montpellier, yang belum pernah kalah dari sembilan pertandingan Liga Prancis, sedangkan Saint Etienne, yang tertinggal satu angka dari zona Liga Champions, melawat ke markas Lorient pada Minggu malam.

Lyon akan bertandang ke Bordeaux pada Minggu malam, namun Marseille tidak akan gembira dengan fakta bahwa mereka akan menjamu rival pesisir selatannya Nice pada Jumat.

Pertandingan itu berlangsung hanya 48 jam setelah sebagian pemain Marseille memperkuat timnasnya masing-masing pada pertandingan-pertandingan persahabatan yang berlangsung Rabu.

Marseille mengincar balas dendam atas kekalahan 4-5 mereka dari Nice di Piala Prancis pada Januari, namun mereka juga tidak akan diperkuat pencetak gol terbanyak Andre-Pierre Gignac yang terkena skors.

Jadwal pertandingan Liga Prancis (pertandingan dimulai pukul 19.00 GMT kecuali disebutkan lain):

Jumat

Marseille vs Nice (19.30)

Sabtu

SC Bastia vs Paris Saint-Germain (15.30), Guingamp vs Evian TG, Monaco vs Sochaux, Nantes vs AC Ajaccio, Toulouse vs Reims, Valenciennes vs Rennes

Minggu

Lille vs Montpellier (13.00), Lorient vs Saint-Etienne (16.00), Bordeaux vs Lyon (20.00)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement