Sabtu 08 Mar 2014 16:33 WIB

Barca Gelontorkan 60 Juta Euro Demi Pemain Baru

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bilal Ramadhan
Skuat Barcelona musim 2013/2014.
Foto: fcbarcelona.com
Skuat Barcelona musim 2013/2014.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Sudah bisa dipastikan, Barcelona bakal kehilangan dua penggawa andalannya pada musim depan. Keputusan kiper Barcelona, Victor Valdes, mengakhiri kiprah di tim asal Katalan itu juga diikuti oleh bek tengah el Barca, Carlos Puyol. Barcelona pun bersiap dengan menyiapkan sejumlah dana demi bisa mendatangkan pemain baru pada jendela transfer pemain awal musim depan.

Wakil Presiden Barcelona, Javier Faus, mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan dana berkisar 50 hingga 60 juta euro. Angka ini disiapkan oleh Barca menyusul keputusan Valdes dan Puyol untuk mengakhiri karier bersama juara La Liga musim lalu tersebut. Namun tidak hanya satu atau dua penggawa, Barcelona berharap bisa mendatangkan empat pemain sekaligus dengan alokasi dana transfer sebesar 60 juta euro tersebut.

''Barca berada dalam posisi untuk membeli empat pemain. Kami paling tidak memiliki dana sebesar 50 hingga 60 juta euro yang khusus digunakan untuk mendatangkan pemain baru,'' kata Faus kepada Radio Catalunya seperti dikutip Reuters, Sabtu (8/3).

Pelatih Barcelona, Gerarto Martino, memang sebelumnya sempat mengungkapkan keinginannya untuk mendatangkan pemain baru. Pelatih asal Argentina itu berharap, pihak klub mau mendatangkan pemain bertahan anyar demi menggantikan peran Puyol. Pun dengan pengganti Valdes. Kendati begitu, Martino mengaku belum melakukan pembicaraan dengan Direktur Olah Raga Barcelona, Andoni Zubizarreta.

''Saya belum bertemu lagi dengan Zubizarreta atapun presiden klub. Tapi, kami terus melakuakan pembicaraan secara rutin. Apa yang paling penting saat ini, Puyol bakal pergi dan kami harus mencari bek tengah baru. Puyol adalah salah satu pemain yang tidak bisa tergantikan. Mereka (Puyol dan Valdes) memiliki tempat spesial di tim ini,'' ungkap Martino di Beinsports.

Sebagai pengganti Puyol, Barcelona digadang-gadang tengah membuka kembali kemungkinan untuk bisa mendapatkan bek Chelsea asal Brasil, David Luiz. Sebelumnya pada bursa transfer musim panas lalu, Luiz memang menjadi salah satu pemain incara el Barca. Sedangkan untuk menambah jumlah personel penjaga gawang, Barcelona bahkan dikabarkan telah mencapai kesepakatan dengan kiper Borrussia Moenchengladbach, Marc-Andre ter Stegen.

Tidak hanya itu, el Barca juga telah menyetujui transfer kiper berusia 21 tahun itu sebesar 9 juta euro. Tidak hanya dipersiapkan sebagai pengganti Valdes, Stegen pun digadang-gadang bakal menjadi andalan di bawah mistar gawang Barcelona pada masa-masa mendatang. Namun, kontroversi soal transfer Neymar ke Barcelona pada awal musim ini agaknya bakal masih menghantui geliat Barcelona di jendela transfer pemain.

Pada awal musim ini, Barcelona memang hanya mendatangakan satu pemain, yaitu Neymar Junior. Namun kedatangan Neymar itu malah mendatangkan kontroversi. Barcelona dianggap melakukan penggelapan pajak dan tidak sesuai dalam pengelolaan keuangan usai dianggap bersalah lantaran tidak mempublikasikan jumlah transfer Neymar sebenarnya, yang ternyata membayar lebih dari 57 juta euro, angka yang sebelumnya dirilis oleh Barcelona.

Akibat skandal ini, Sandro Rossel akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Barcelona dan digantikan Josep Bartemou. Tidak hanya itu, Barcelona juga diharuskan membayar biaya perkara kasus pajak itu sebesar 13,5 juta euro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement