Selasa 18 Mar 2014 11:58 WIB

Indra Sjafri: Jangan Anggap Kami Seperti Musuh

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Yudha Manggala P Putra
Indra Sjafri, Pelatih kepala Timnas U-19
Foto: ROL/Sadly Rachman
Indra Sjafri, Pelatih kepala Timnas U-19

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Pelatih tim nasional U-19 Indra mengutarakan kekecewaannya seusai tim asuhannya ditahan imbang tanpa gol oleh Mitra Kukar U-21 dalam laga ke-12 Tur Nusantara di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Senin (18/3). Indra kecewa bukan karena hasil, melainkan permainan kasar yang diperagakan Mitra Kukar.

Mitra Kukar sejak awal tampil menekan dan sukses membuat Evan Dimas dan kawan-kawan kesulitan mengalirkan bola. Namun Indra menilai, permainan pressing yang diterapkan Mitra Kukar tidak sehat.

"Ini sangat disayangkan karena mereka pressing dibarengi dengan menyikut, memukul, ataupun tekel keras. Kan berbahaya buat pemain. Mereka seperti tidak sadar bahwa yang dihadapi adalah tim nasional mereka sendiri," kata Indra Sjafri kepada Republika.

Akhirnya, Evan Dimas cs pun terpancing emosinya. Beberapa kali, para pemain seperti bek kiri Fatchurohman dan bek tengah Hansamu Yama membalas dengan melakukan pelanggaran. Pertandingan pun sering diwarnai adu mulut antarpemain.

Indra berharap situasi pertandingan seperti ini tidak terjadi lagi. Tim lawan harus memahami tujuan awal diadakannya Tur Nusantara. Tur Nusantara, tegas Indra, adalah program uji coba timnas U-19, bukan uji coba untuk klub lawan.

"Jangan perlakukan kami seperti musuh yang harus dikalahkan dengan segala cara. Jadilah mitra yang baik. Ini bukan berarti kami minta menang lho ya," ujar Indra.

Pelatih asal Sumatra Barat itu beranggapan bahwa ada motivasi khusus dari tim lawan untuk menjadi tim pertama yang mengalahkan timnas U-19 dalam Tur Nusantara. Seperti diketahui, timnas U-19 memang belum terkalahkan hingga laga ke-12 ini. Sayangnya, motivasi itu justru membuat pertandingan menjadi tidak sehat.

"Tim lawan perlu ingat. Ini adalah program tim nasional, tim yang akan mewakili nama baik Indonesia di Piala Asia 2014. Kalau lawan bermain kasar, kan berbahaya buat pemain," ujarnya.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement