Kamis 27 Mar 2014 05:46 WIB

Harry Kewell Pensiun dari Lapangan Hijau

Harry Kewell
Foto: zimbio.com
Harry Kewell

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Kini,pecinta sepak bola tidak bisa lagi menyaksikan aksi Harry Kewell di lapangan hijau. Mantan pemain Liverpool itu memutuskan untuk menanggalkan jersey Timnas Australia, Rabu (26/3).

"Keputusan yang berat. Akan tetapi ini adalah waktu yang tepat," ujar Kewell kepada pers Australia, Rabu. Alasan terbesar di balik keputusan tersebut adalah kecilnya kemungkinan memperkuat Australia di Piala Dunia 2014.

Pemain berusia 35 tahun itu sering dihantui cedera belakangan ini. Sementara Piala Dunia di Brasil hanya dalam hitungan bulan. "Sudah saatnya para pemain muda menggantikan saya," kata Kewell kepada The Australian.

Kewell, yang kerap dijuluki The Wizard of Oz karena aksi-aksi magisnya di posisi sayap kiri maupun penyerang, memperkuat Socceroos di Piala Dunia 2006 dan Piala Dunia 2014.

Ia mencetak gol penting yang membawa Australia lolos ke babak 16 besar Piala Dunia di Jerman. Akan tetapi di Afrika Selatan ia hanya tampil 24 menit dan memperoleh kartu merah akibat memblok bola dengan tangan pada laga melawan Ghana.

Di level klub, masa kejayaannya adalah saat memperkuat Leeds United (1996-2003). Ia kemudian memperkuat Liverpool dan mempersembahkan sejumlah gelar seperti Piala FA dan Liga Champions. Akan tetapi sejak ini kariernya mulai dihantui dengan cedera.

Kewell kemudian juga sempat klub Turki, Galatasaray, sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memperkuat Melbourne Victory. Setelah sempat mencicipi Liga Qatar bersama Al-Gharafa sebelum mengakhiri karier di Melbourne Heart.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement