Senin 31 Mar 2014 19:24 WIB

Nyalla Nilai Beban Timnas U-19 Lebih Berat

La Nyalla M Matalitti
Foto: Republika/Yasin Habibi
La Nyalla M Matalitti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Tim Nasional (BTN) La Nyalla Mattalitti menilai beban Timnas Indonesia U-19 lebih berat karena terus mendapatkan pantauan dari masyarakat maupun media.

"Saya titip jangan dibangga-banggakan. Semakin dibanggakan BTN semakin sedih karena beban akan lebih berat," kata La Nyalla Mattalitti sebelum pelepasan Timnas U-19 ke Timur Tengah dan U-14 ke Jepang di Jakarta, Senin.

Menurut dia, perjalanan Timnas Garuda Jaya ini masih jauh karena pertandingan yang ditunggu-tunggu yaitu Piala AFC U-19 di Myanmar baru digelar Oktober nanti. Untuk itu pihaknya berharap timnas konsentrasi pada latihan.

"Kita masih jauh. Untuk itu kita butuh masukan dan kritik dari semuanya termasuk media. Yang jelas tujuan kita belum apa-apa," katanya.

Pria yang juga Wakil Ketua Umum PSSI ini menjelaskan, selain meminta kritik dan masukan dari media dan masyarakat, pihaknya juga tetap memproteksi semua pemain timnas dari aktivitas di luar program yang ada.

Anak asuh Indra Sjafrie ini oleh BTN juga masih belum diperbolehkan untuk menjadi bintang iklan. Padahal beberapa perusahaan telah mengincar sejumlah pemain Timnas Garuda Jaya itu untuk menjadi bintangnya.

"Kalau target tercapai, saya akan melepas semua pemain untuk menjadi bintang iklan. Makanya harus menunjukkan prestasi dulu," kata Nyalla.

Pada Piala AFC 2014 di Myanmar, Timnas Garuda Jaya ditargetkan minimal mampu masuk empat besar. Jika mampu memenuhi target maka Evan Dimas dan kawan-kawan dipastikan lolos ke Piala Dunia U-20 di Australia tahun depan.

Demi memaksimalkan persiapan, Timnas U-19, Selasa (1/4) akan bertolak menuju Timur Tengah untuk umrah dan dilanjutkan dengan pertandingan uji coba melawan Timnas Oman U-19 dan Timnas Uni Emirat Arab dan klub Al-Shabab.

"Memang kami yang memilih calon lawan itu. Kami ingin semua mengetahui karakter calon lawan pada Piala AFC nanti," kata pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafrie di sela-sela pelepasan tim.

Menurut dia, dengan melakukan umrah dan uji coba internasional diharapkan mampu meningkatkan performa semua pemain sehingga mampu meraih hasil terbaik pada Piala AFC U-19 di Myanmar.

"Target saya hanya ingin bermain dengan baik. Yang jelas, kondisi baik dan kekurangan-kekurangan yang selama ini tampak, telah diperbaiki," kata kapten Timnas Indonesia U-19, Evan Dimas Darmono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement