Jumat 04 Apr 2014 04:01 WIB

Mimpi Buruk Menimpa Klub Katalan

Rep: C63/Fauziah Mursid/ Red: Julkifli Marbun
Victor Valdes
Foto: sportige.com
Victor Valdes

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA –- Mimpi buruk sepertinya sedang menaungi Barcelona, setelah Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) menjatuhi sanksi kepada klub Catalan larangan melakukan transfer pemain selama dua periode dari musim panas 2014 hingga Januari 2015. Larangan FIFA tersebut dijatuhkan setelah La Blaugrana dianggap melakukan pelanggaran yang berkaitan dengan transfer pemain di bawah umur.

Seperti diberitakan Goal.com, sanksi ini dijatuhkan setelah investigasi FIFA menemukan klub Spanyol tersebut melanggar regulasi perihal kontrak pemain di bawah 18 tahun.

“Barcelona ditemukan telah melanggar beberapa ketentuan mengenai transfer internasional dan pendaftaran pertama anak-anak non-Spanyol dengan klub, serta peraturan lain yang relevan dengan pendaftaran dan partisipasi pemain tertentu dalam kompetisi nasional,” tulisan resmi FIFA seperti dikutip Goal, Rabu (2/4).

Mengikuti peraturan FIFA pasal 19 tentang Status dan Transfer Pemain, menyebutkan bahwa transfer pemain internasional hanya diizinkan jika pemain berusia di atas 18 tahun, dengan pengecualian tiga keadaan terbatas dan pengecualian tersebut hanya dapat diberikan setelah evaluasi oleh sub-komite dari komite status pemain.

Komite Disiplin FIFA menganggap Barcelona telah melakukan pelanggaran terhadap pasal itu hingga dijatuhi hukuman larangan transfer pada tingkat nasional maupun internasional selama dua periode. Klub juga didenda sebesar 369 ribu Euro atau Rp 5,8 miliar.

Selain memberi sanksi kepada Barcelona, FIFA juga turut memberikan sanksi kepada Federasi Sepak bola Spanyol dengan hukuman denda sebesar 410 ribu Euro atau Rp 6,4 miliar dan diberi waktu selama setahun untuk membenahi peraturan dan sistem yang ada di Spanyol mengenai transfer internasional anak di bawah umur dalam sepak bola.

Sayangnya, FIFA tidak menyebut nama pemain yang dimaksud. FIFA memberikan waktu 90 hari untuk Barcelona untuk melakukan banding.

Sebelumnya, klub Catalan dilaporkan akan memboyong pemain internasional Jerman Marc-André ter Stegen dari Borussia Monchengladbach. Agen ter Stegen pun mengatakan bahwa pemain berusia 18 tahun itu telah setuju bergabung dengan klub asuhan Gerardo Martino pada akhir musim. Perwakilan Ter Stegen itu, Gerd vom Bruch mengklaim dana sebesar 12 juta Euro sudah disiapkan La Blaugrana untuk membawa kepindahannya kiper Jerman itu ke Camp Nou. Namun, mendekati hari kesepakatan keluar pengumuman FIFA.

"Jika saya membaca pengumuman FIFA dengan benar, transfer Marc-Andre (ke Barcelona)  tentu tidak akan dilakukan di musim panas, " kata agen Marc-Andre kepada SportBild.

Larangan FIFA tersebut tentu berpengaruh kepada performa tim Lionel Messi dkk. Pasalnya, saat ini Barcelona tengah krisis pertahanan setelah beberapa pilar belakangnya dibekap cedera seperti Gerrard Pique dan Carles Puyol menyusul cedera sang penjaga gawang Victor Valdes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement