Kamis 10 Apr 2014 12:32 WIB

Persipura Juara Grup Piala AFC 2014

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: Citra Listya Rini
Persipura Jayapura
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Persipura Jayapura

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura terus menunjukkan keperkasaannya di pentas sepak bola Asia Piala AFC 2014. Skuat Mutiara Hitam berhasil mewujudkan ambisinya untuk lolos ke babak 16 besar dengan menjadi juara Grup E. 

Kepastian itu didapat setelah Boaz Solossa dan kawan-kawan sukses mencuri satu poin saat melawat ke India melawan Churcill Brother di Stadion Jawaharlal, Nehru, Rabu (9/4) malam WIB. Persipura menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. 

Hasil imbang menambah raihan Persipura menjadi 11 poin. Dengan satu pertandingan tersisa, posisi Persipura di puncak klasemen tidak mungkin tergeser oleh tim lain. Sebab, Churcill yang berada di peringkat dua dan Home United yang menempati urutan tiga, sama-sama mengoleksi tujuh poin. Sementara wakil asal Maladewa, New Radiant sudah pasti tersingkir karena baru mengoleksi tiga poin. 

Pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago sangat bersyukur atas keberhasilan timnya. "Sebuah mukjizat bagi kami dapat keluar sebagai juara grup di level internasional. Kami sangat bangga atas hasil yang diraih," kata Jacksen melalui pesan singkat, Kamis (10/4). 

Persipura sebenarnya memiliki peluang untuk membawa pulang tiga poin. Meski sempat bermain imbang tanpa gol pada babak pertama, juara bertahan Liga Super Indonesia itu  berhasil mencetak gol lebih dulu melalui Boaz Solossa pada menit ke-75. 

Sayang, keunggulan tidak bertahan lama. Churcill yang sangat membutuhkan poin untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar, mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-84 lewat gol Balwant Singh. 

Jacksen mengakui anak-anak asuhnya bermain di bawah level seperti biasanya. Namun, ia cukup memaklumi karena Boaz dkk. cukup kelelahan karena sebelumnya bertandang ke Maladewa melawan New Radiant. 

"Kami berada selama hampir 15 hari di luar negeri. Dengan makanan yang berbeda, cuaca berbeda, dan bahasa berbeda. Saya salut karena pemain kami mampu mengatasi semua itu,"Jacksen menambahkan. 

Dengan status juara grup ini, Persipura memiliki peluang besar untuk melanjutkan langkah ke perempat final. Sebab, Persipura memiliki keuntungan karena akan menjadi tuan rumah pada babak 16 besar yang berlangsung satu leg pada 13 Mei. Persipura akan menerima lawatan klub Myanmar, Yangoon United, yang menjadi runner-up Grup G. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement