Ahad 13 Apr 2014 20:02 WIB

Menang Dramatis, Persib Bandung ke Puncak

Pemain Arema Malang Benny Wahyudi (kiri) berebut bola dengan pemin Persib Bandung Atep (kanan) pada laga lanjutan Indonesia Super League di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Ahad (13/4). (foto: Septianjar Muharam)
Pemain Arema Malang Benny Wahyudi (kiri) berebut bola dengan pemin Persib Bandung Atep (kanan) pada laga lanjutan Indonesia Super League di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Ahad (13/4). (foto: Septianjar Muharam)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung menyodok ke posisi puncak klasemen Indonesia Super League (ISL) 2014 Wilayah Barat. Hal ini dicapai usai menang dramatis 3-2 atas tamunya Arema Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (13/4). Proses menang ini pun tidak mudah karena Maung Bandung harus tertinggal 0-2 terlebih dahulu sebelum membalikkan keadaan menjadi 3-2.

Dilansir situs resmi PT Liga Indonesia, pada awal laga, Atep dkk langsung menggebrak. Umpan Atep kepada Djibril Coulibaly menjadi pembuka serangan anak asuh Djadjang Nurdjaman. Namun, tendangan Djibril masih melengkung ke atas mistar gawang Kurnia Meiga.

Kesempatan emas Maung Bandung kembali tercipta pada menit ke-17 melalui Vladimir Vujovic. Namun, tendangannya masih membentur kaki pemain belakang Arema.

Arema justru mampu membuka gol melalui Samsul Arif menit ke-20, memanfaatkan kesalahn Vulcan.

Singo Edan bahkan memperbesar keunggulan dari sepakan pojok Gustavo Lopes menit ke-41. Tendangan pojok yang tidak dapat dijangkau oleh penjaga gawang I Made Wirawan, menutup gol di babak pertama ini.

Memasuki babak kedua, Maung Bandung langsung menggedor barisan pertahanan anak asuh Suharno. Namun, bola sodoran dari Djibril Coulibaly ini masih tipis menyamping dari gawang tim berjuluk Singo Edan.

Menit 53, Persib berhasil memperkecil keadaan menjadi 1-2 lewat Djibril Coulibaly, memanfaatkan umpan silang mendatar dari Supardi yang tidak dapat ditahan penjaga gawang Arema, Kurnia Meiga.

Menit 62, Tantan dijatuhkan oleh pemain belakang Arema di kotak terlarang. Namun, wasit Maulana menilai hal itu adalah diving. Pemain nomor 82 ini pun mendapat kartu kuning.

Menit ke-65 Tantan lakukan umpan silang kepada Djibril. Sayang,  tandukan bomber asal Mali ini masih membentur mistar gawang. Tensi permainan pun memanas, beberapa kali wasit menghentikan permainan. Menit ke-66 Gustavo Lopes diganjar kartu kuning karena melanggar Hariono.

Singo Edan mencoba kembali menyerang. Menit ke-68, tendangan Gustavo Lopes sukses ditepis I Made Wirawan. Penyelamatan gemilang yang dilakukannya membuat Arema gagal mencetak gol.

Menit 79, kapten tuan rumah Firman Utina menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Bola sodoran dari Tantan sukses dilesatkan ke pojok kiri gawang Arema. Menit ke-84, Tantan kembali memberikan umpan mulus kepada kawannya. Kali ini, bola yang diberikan kepada Makan Konate sukses membalikkan keadaan menjadi 3-2. Skor ini pun bertahan hingga laga usai.

Torehan ini membuat Maung Bandung berada di peringkat 1 Wilayah Barat dengan raihan 16 poin dari 7 kali bermain. Sedangkan Arema satu strip di bawah Persib dengan poin 15 dari 6 kali berlaga.

Usai laga pelatih Arema, Suharno mengatakan hasil ini merupakan kesalahan semuanya. "Salah ya salah semua, tapi bagaimana pun perjuangan pemain saya hargai," kata Suharno.

"Walaupun tetap masih ada yang harus diperbaiki. Dari Arema mau menang, seri, bahkan kalah sudah siap, yang penting pertandingan berjalan aman. Kekurangan tetap kita benahi karena kita tetap mengatur siasat, tiga hari kita nanti lawan PBR," tambah Suharno.

Sementara itu pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurjaman mengucapkan selamat kepada pemainnya yang sudah berjuang keras. "Pada babak pertama kita ketinggalan 2 gol namun karena para pemain punya motivasi akhirnya kita bisa membalas, dan dapat memasukan tiga gol," papar Djadjang.

"Kita memang masih punya kekurangan. Yang jelas saya akan evaluasi lagi di laga berikutnya," tukas Djanur sapaan akrap Djadjang.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement