Kamis 17 Apr 2014 05:15 WIB

Real Madrid Juara Copa del Rey

Rep: CR02/ Red: Yudha Manggala P Putra
Para pemain Real Madrid merayakan gol.
Foto: AP Photo/Andres Kudacki
Para pemain Real Madrid merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Real Madrid berhasil menyabet trofi Copa del Rey ke-19 mereka setelah menaklukan Barcelona pada pertandingan final, Kamis (17/4) dini hari WIB. Gareth Bale menjadi pahlawan dalam laga ini setelah pada delapan menit sebelum laga berakhir mencetak gol kemenangan untuk Los Blancos.

Meski bermain tanpa salah satu bintangnya Cristiano Ronaldo, Real Madrid membuktikan diri tetap bertaji. Sejak menit menit awal pertandingan, Benzema dan kawan-kawan tampil lebih menekan.

Pada menit kelima Bale nyaris mencetak gol ke gawang Barca jika sepakan kaki kirinya dari dalam kotak penalti tidak melebar. Semenit kemudian, Bale juga sempat berpeluang membuat gol ketika melepaskan tendangan lagi-lagi di dalam kotak penalti. Namun bola masih membentur kaki Mascherano.

Barcelona, yang bermain tanpa pemain belakang utamanya, Puyol dan Pique, terihat cukup kerepotan. Sesekali mereka melancarkan serangan balasan, namun ketatnya barisan pertahan Real Madrid masih sulit ditembus.

Pada menit ke 11, Angel Di Maria membawa Madrid unggul. Berawal dari serangan balik, Isco membangun serangan dengan mengumpan cepat bola ke Bale melewati garis tengah lapangan. Bale kemudian meneruskan bola ke Benzema, yang dengan sedikit sentuhan mengirim bola terobosan ke Di Maria.

Sejurus kemudian Di Maria melepaskan tendangan mendatar keras yang melewati penjaga gawang Pinto.

Barca, usai ketinggalan satu gol, mulai keluar menyerang. Pada menit ke 26 Xavi sempat melepaskan tembakan namun masih melebar. Begitu juga pada menit 41, Messi melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun belum menemui sasaran. Hingga paruh pertama usai Real Madrid masih unggul 1-0.

Memasuki babak kedua, Barca terus berupaya bangkit. Alhasil, pada menit ke-87, gol balasan tercipta. Berawal dari tendangan sudut Xavi, Bartra berhasil memenangkan duel udara dan menanduk bola ke sudut kiri atas gawang Casillas.

Kedudukan imbang itu ternyata tidak bertahan lama. Delapan menit sebelum pertandingan berakhir, giliran Bale bikin kejutan.

Berawal dari umpan yang disodorkan Coentrao, Bale kemudian menggiring bola melewati Bartra lalu merangsek ke mulut gawang dari sisi kiri. Ia lalu melepaskan sontekan pelan dan berhasil menaklukkan Pinto. Gol pemain Wales itu pun mengubur harapan Barcelona untuk meraih trofi Copa del Rey ke-27-nya musim ini. 

Susunan pemain

Barcelona: Pinto; Alves, Mascherano, Bartra, Alba (Adriano 45); Sergio Busquets, Xavi, Iniesta; Neymar, Cesc (Pedro 60), Messi

Real Madrid: Casillas, Carvajal, Pepe, Sergio Ramos, Coentrao, Xabi Alonso, Modric, Isco (Casemiro 89), Di María (Illarra 86), Bale, Benzema (Varane 90)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement