Rabu 23 Apr 2014 11:30 WIB

Timnas U-23 Butuh Bek dan Striker

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Aji Santoso
Aji Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional sepak bola U-23 Aji Santoso akan kembali memanggil 23 pemain pada pelatnas tahap ketiga di Makassar, 6-16 Mei. Aji akan kembali menghadirkan wajah baru untuk menemukan komposisi terbaik. 

Pelatih berusia 44 tahun itu mengungkapkan akan ada sekitar tiga sampai empat pemain yang tersisih. Para pemain itu tak bisa melanjutkan seleksi karena dinilai tidak menunjukkan perkembangan dan sulit mengikuti skema permainan yang diinstruksikan. 

Untuk menutup kekurangan slot pemain, Aji beserta asistennya sudah melakukan pemantauan pemain sejak 15 April pada sejumlah laga Indonesia Super League dan Divisi Utama. 

Tim pelatih, kata Aji, fokus melakukan pemantauan untuk mencari bek dan striker. Maklum, kekuatan skuat Garuda Muda masih terlalu dominan di sektor tengah. "Kekuatan tim ini belum seimbang," kata Aji kepada Republika

Di lini depan misalnya, timnas U-23 sepertinya belum mendapatkan sosok striker ganas yang bisa dijadikan sebagai goal getter. Dua striker yang telah dipanggil seperti Aldaier Makatindu dan Agung Supriyanto belum bisa tampil konsisten. 

Aldaier memang tampil memukau dengan mencetak empat gol ke gawang Persis Solo dan Sri Lanka dalam laga uji coba. Namun ia tidak bisa memberikan kontribusi berarti saat beruji coba melawan Singapura. Sedangkan Agung Supriyanto baru bisa mencetak satu gol, yakni saat melawan Malaysia U-21. 

Sayangnya, timnas u-23 belum mendapatkan lawan uji coba internasional pada pelatnas tahap ketiga ini. Skuat Garuda Muda baru dijadwalkan menjajal kekuatan dua tim lokal yakni PSM Makassar dan tim PON Sulawesi Selatan. 

Aji mengaku tidak masalah meski pun nantinya Badan Tim Nasional (BTN) tidak bisa menghadirkan lawan internasional seperti pada dua TC sebelumnya. 

"Tidak ada masalah walau pun hanya akan melawan tim lokal. Karena kami juga masih dalam tahap pembentukan tim," kata Aji.

Usai program, pasukan Garuda Muda baru akan menjajal tim yang lebih kuat pada pelatnas tahap kelima. "Minimal harus selevel," tambah dia. 

Timnas U-23 sudah melakoni empat uji coba dalam dua tahap pelatnas sebagai persiapan menuju Asian Games 2014, 19 September-4 Oktober. Hasilnya pun terbilang positif. 

Pada pelatnas tahap pertama, timnas U-23 melibas Malaysia U-21 dengan skor telak 3-0 pada 5 Maret. Kemudian pada tahap kedua, timnas U-23 bermain imbang 2-2 melawan Persis Solo pada 25 Maret, mengalahkan Sri Lanka 5-0 pada 30 Maret, dan menang tipis 2-1 atas Singapura pada 2 April. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement