Jumat 09 May 2014 03:09 WIB

FA Usulkan Pembentukan Liga Primer B

Rep: c54/ Red: Mansyur Faqih
Liga Primer Inggris
Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ketua Komisi otoritas sepak bola Inggris, Football Association (FA) Greg Dyke mengajukan proposal pembentukan Liga Primer B. Liga ini untuk merangsang hadirnya bakat sepak bola dari dalam negeri. 

Tim B tersebut diproyeksikan untuk menjadi penyumplai pemain untuk klub besar di kemudian hari.

The Guardian, Kamis (8/5) melaporkan, usulan tersebut agaknya bertolak dari fakta. Yaitu bahwa para talenta muda Inggris tidak banyak mendapat tempat di Liga Primer. Sehingga memengaruhi pengembangan kualitas tim nasional Inggris. 

Musim 2012/2013 saja, tercatat hanya 32 persen dari seluruh pemain asli Inggris di Liga Primer yang dianggap layak bermain membela timnas. Hanya 28 persen saja dari mereka yang bermain untuk empat klub papan atas.

Proposal tersebut juga mengusulkan klub Liga Primer untuk meningkatkan jumlah pemain Inggris yang sudah memenuhi kualifikasi dalam tim mereka. Misalnya, setidaknya telah mendapat pelatihan selama 36 bulan di Inggris sebelum genap berusia 21 tahun. 

Pada periode 2020-2021, diusulkan 13 dari 25 pemain utama dari setiap tim harus berasal dari dalam negeri. Jumlah itu bertambah dari ketentuan hari ini yang hanya mewajibkan delapan pemain. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement