Kamis 29 May 2014 16:21 WIB

Timnas U-23 Butuh Pemain Senior

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Bilal Ramadhan
Timnas U23
Foto: Republika/ Edwin Dwi Putranto
Timnas U23

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih timnas U-23 Aji Santoso berubah pikiran. Aji akhirnya berencana untuk menggunakan jasa pemain senior  pada ajang Asian Games 2014. Sebelumnya, Aji ingin lebih dulu memaksimalkan para pemain U-23.

Namun mengingat kebutuhan, Aji membutuhkan pengalaman para pemain senior untuk memperkuat tim. Enam pemain senior pun sudah dikantongi untuk dipanggil mengikuti pemusatan latihan tahap kelima, bulan depan.

"Ada enam pemain senior yang sudah kami kantongi namanya. Tapi belum bisa kami umumkan secara resmi," kata mantan bek kiri timnas tersebut.

Meski masih merahasiakan, Aji membocorkan sedikit bahwa para pemain senior yang akan dipanggilnya untuk mengisi semua lini timnas U-23. Yakni pemain belakang, gelandang, dan striker. Khusus di posisi tengah, Aji pun tidak menampik bahwa dirinya bakal menjajal gelandang naturalisasi Stefano Lilipaly.

"Ya, nama dia memang masuk. Tapi saya  belum bisa sebutkan pemain yang lain," tambahnya.

Timnas U-23 sejak lama memang ingin menggunakan tenaga Stefano, termasuk saat berlaga di SEA Games 2013, Myanmar.  Apalagi, Stefano tampil cukup apik ketika menjalani debutnya bersama timnas senior saat mengalahkan Filipina dengan skor tipis 1-0, 14 Agustus 2013 di Solo.

Pemain yang kini merumput di Liga Jepang bersama Consadole Saporro itu menyumbang satu assists. Jika jadi dipanggil, Stefano akan membela timnas U-23 dengan status sebagai pemain senior karena usianya sudah 24 tahun. Sesuai regulasi, Asian Games memang memperbolehkan setiap tim untuk menggunakan tiga pemain senior.

Di lini serang, kehadiran pemain senior nampaknya memang dibutuhkan. Ini setelah melihat tidak konsistennya para striker Garuda Muda seperti Aldaier Makatindu dan Agung Supriyanto. Nama bomber seperti Boaz Solossa digadang-gadang menjadi salah satu incaran Aji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement