Sabtu 21 Jun 2014 07:20 WIB

Kaka Menuju MLS

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Ricardo Kaka
Foto: AP/Andrew Medichini
Ricardo Kaka

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Spekulasi terkait masa depan Ricardo Kaka sedikit menemui titik terang. Peraih Ballon d'Or 2007 itu disebut siap meninggalkan AC Milan musim panas ini.

Adalah klub liga sepak bola Amerika Serikat (MLS), Orlando City, yang bakal menjadi pelabuhan Kaka selanjutnya. Kaka disebut telah melakukan kesepakatan verbal dengan pemilik Orlando City, Flavio da Silva.

"Penandatanganan kontrak akan dilakukan secepatnya," demikian laporan Orlando Sentinel, Jumat (20/6).

Kedekatan dengan Da Silva yang sama-sama berasal dari Brasil disebut sebagai alasan Kaka memilih Orlando City. Dalam kesepakatan verbalnya, Kaka akan bergabung bersama klub berjuluk the Lions tersebut pada awal musim 2015.

Selama menunggu kompetisi MLS musim ini berakhir, Kaka akan dipinjamkan ke klub kota kelahirannya di Brasil, Sau Paulo.

Media Spanyol, AS, melaporkan, CEO Milan Adriano Galliani tak akan menghalangi kepindahan Kaka. Dalam kontrak kepindahannya dari Real Madrid ke Milan musim lalu, terdapat klausul yang membolehkan Kaka hengkang jika Milan gagal lolos ke Liga Champions.

"Kaka akan pergi jika Rossoneri tidak lolos ke kompetisi tertinggi Eropa," kata Galliani kepada La Gazzetta dello Sport.

Orlando City mulai melakukan pendekatan terhadap Kaka sejak November tahun lalu. Sejak saat itu, Kaka kerap menyebutkan MLS akan jadi prioritas utamanya jika meninggalkan Milan.

"Kami siap kapan pun Anda siap Ricardo," tulis Presiden Orlando City, Philip Rawlins, dalam akun Twitter pribadinya, @OCPres, akhir pekan lalu.

Jika transfer tersebut terealisasi, Kaka akan menjadi pemain dengan prestasi terlengkap yang pernah bermain di MLS. Selain predikat pemain terbaik dunia 2007, Kaka pernah memenangkan Piala Dunia 2002 bersama Brasil.

Pemain yang kini berusia 31 tahun itu juga mengoleksi gelar La Liga Spanyol bersama Real Madrid dan Seri A Italia serta Liga Champions bersama AC Milan. Kedatangan Kaka ke MLS bakal menjadi ancaman bagi tim-tim kuat seperti DC United, Los Angeles Galaxy, dan lain-lain.

Saat ini, DC United memuncaki klasemen Wilayah Timur dengan torehan 25 poin dari 15 laga. Sedangkan, Sounders FC memuncaki klasemen Wilayah Barat dengan koleksi 32 poin dari 15 laga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement