Jumat 18 Jul 2014 16:52 WIB

Lahm Pensiun dari Timnas Jerman

Rep: c84/ Red: Fernan Rahadi
Philipp Lahm
Foto: Reuters/Fabrizio Bensch
Philipp Lahm

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Kabar mengejutkan datang dari tanah Jerman. Pesta pora Der Panzer yang telah menjuarai Piala Dunia harus diakhiri dengan pensiunnya kapten tim, Philipp Lahm, dari tim nasional (timnas) Jerman. Keputusan pensiun Lahm banyak disayangkan sejumlah pihak mengingat usianya yang belum terlalu tua untuk pemain sepakbola.

Lahm yang saat ini berusia 30 tahun itu dirasa masih mampu membela Jerman setidaknya di Piala Eropa 2016 mendatang. "Saya berkata kepada Joachim Loew pada Ahad, bahwa saya akan mundur dari timnas. Keputusan ini datang dari saya sejak musim lalu," kata Lahm kepada Bild, Jumat (18/7).

Ketenangan serta kepemimpinan pemain Bayern Muenchen itu masih dibutuhkan Jerman yang banyak diisi wajah-wajah muda. Keputusan mundurnya pemain yang telah membela Jerman sebanyak 113 kali sejak 2004 itu mendapat tanggapan dari mantan pemain Jerman, Dietmar Hamann. Hamann mengatakan bahwa dedikasi Lahm untuk negara sangat luar biasa.

"Philipp Lahm pensiun dari sepak bola internasional. Pengabdi yang hebat untuk tim nasional dan sangat pantas menjadi kapten tim yang meraih Piala Dunia." ujar Hamann.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement