Selasa 22 Jul 2014 15:01 WIB

Pindah dari MU ke Juventus, Evra: Ini Keputusan Terbesar!

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Patrice Evra
Foto: africatopsports.com
Patrice Evra

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Dengan nilai transfer sebesar 1,2 juta pound atau sekira Rp 23 miliar, Patrice Evra akhirnya resmi hengkang dari Manchester United. Evra mengaku kepindahannya ke Juventus merupakan keputusan terbesar sepanjang kariernya.

Evra merapat ke Juventus dengan durasi kontrak selama dua tahun. Sebenarnya, Evra sempat menandatangani perpanjangan kontrak selama satu tahun bersama MU pada Mei 2014 silam, namun saat penawaran dari Juventus datang, mantan bek AS Monaco itu segera diminta untuk menerima tawaran dari si Nyonya Tua.

Keputusan ini kabarnya tidak lepas dari pengaruh Louis Van Gaal dan kedatangan Luke Shaw di skuat United. Selain membayar sebanyak 1,2 juta pound sebagai nilai awal transfer Evra, Juventus diharapkan bisa membayar nilai transfer yang kedua, sebesar 300 ribu pound atau sekira Rp 5 miliar kepada United jika Evra mampu membawa Juventus berpartisipasi di kancah Liga Champions musim 2015/2016.

''Juventus dapat mengkonfirmasi Patrice Evra telah menandatangani kontrak selama dua tahun dengan klub, setelah hijrah dengan nilai transfer 1,2 juta pound, dan akan dibayarkan dalam dua sesi. Sesi kedua, sebesar 0,3 juta pound, akan dibayar jika Juventus bisa lolos ke Liga Champions musim 2015/2016,'' tulis pernyataan resmi Juventus di laman klub seperti dikutip the Guardian, Selasa (22/7).

Buat Evra, keputusan meninggalkan United ini merupakan salah satu keputusan tersulit yang diambilnya. Maklum, sejak datang dari AS Monaco pada 2006 dengan nilai transfer 5,5 juta pound atau sekira Rp 130 miliar), Evra terbukti mampu tampil sebagai penggawa andalan di lini belakang United.

Paling tidak dalam delapan setengah tahun pengabdiannya bersama United, bek kiri kelahiran Dakar, Senegal, itu tampil sebagai pilihan utama pelatih United saat itu, Sir Alex Ferguson. Selama berseragam United, Evra telah mempersembahkan lima titel Liga Primer Inggris, tiga trofi Piala Liga, satu gelar Liga Champions, dan satu titel juara Piala Dunia Antarklub.

Pemain yang sempat menjadi kapten United itu telah mengemas 379 penampilan dan mencetak 10 gol buat United. Namun, semua catatan itu berakhir pada bursa transfer musim panas Eropa kali ini.

''Setelah menimbang, saya memutuskan bahwa saat ini adalah saat yang tepat buat saya untuk pergi dari klub ini. Ini adalah keputusan terbesar yang pernah saya buat dalam karier saya. Karena itu, klub ini akan selalu berada di hati saya,'' kata pemain yang baru saja memperkuat Prancis di ajang Piala Dunia 2014 tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement