Kamis 31 Jul 2014 13:10 WIB

Pergerakan AS Roma dan Inter Milan di Bursa Transfer

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Juan Manuel Iturbe
Foto: AP Photo/Paolo Giovannini
Juan Manuel Iturbe

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- AS Roma mampu menggebrak bursa transfer pemain Serie A awal musim 2013/2014. Keberhasilan il Lupi merekrut pemain Verona, Juan Manuel Iturbe, dianggap sebagai salah satu perekrutan terbaik yang dilakukan tim-tim papan atas Liga Italia.

Maklum, penyerang berusia 21 tahun itu menjadi salah satu pemain incaran tim-tim besar Eropa, termasuk Juventus dan Inter Milan. Namun, pemain asal Paraguay itu ternyata lebih memilih bergabung bersama tim asal Ibukota Italia tersebut.

Salah satu kelebihan Iturbe adalah fleksibilitas posisi bermainnya. Tidak hanya piawai bermain sebagai winger dan gelandang serang, Iturbe juga kerap dimainkan sebagai penyerang utama dan penyerang lubang.

Kendati begitu, pemain yang telah mencetak delapan gol dari 33 laga bersama Verona pada musim lalu itu sukses menjalankan berbagai peran di lini serang tersebut. Sebelum direkrut secara permanen oleh Verona pada Mei 2014 silam, Iturbe berhasil mengantarkan Porto meraih titel Liga Portugal selama dua musim beruntun, dari 2011/2012 dan 2012/2013.

Bahkan, oleh sebagian besar media Italia, Iturbe disebut-sebut sebagai Lionel Messi baru lantaran kesamaan gaya permainan dan posisi bermain. Dengan nilai transfer sebesar 19,36 juta pound dan dengan durasi kontrak selama lima tahun, Iturbe pun diharapkan bisa memberikan peremajaan dan membawa persaingan yang sehat di lini serang AS Roma. Kondisi ini juga disadari Iturbe.

''Saya disini sebagai bagian dari proses belajar. Saya masih muda dan bersama pelatih Rudi Garcia saya berharap bisa belajar banyak. Saya harus bisa berlatih dengan keras demi bisa menembus tim utama Roma,'' ujar Iturbe di Foottball-Italia.

Tidak hanya kedatangan Iturbe, AS Roma juga menandai geliatnya di bursa transfer dengan kedatangan bek veteran Chelsea, Ashley Cole, dan pemain sayap AC Milan, Urby Emanuelson. Selain itu ada pula nama mantan gelandang Barcelona, Seydou Keita.

Sementara Inter Milan memperkuat barisan penggawanya dengan kehadiran bek tangguh asal Serbia, Nemanja Vidic, yang mengakhiri kiprahnya bersama Manchester United. Bek berusia 32 tahun itu pun diharapkan bisa menularkan pengalamannya kepada bek-bek tengah belia la Beneamata.

Vidic datang ke Stadion Giuseppe Meazza dengan status free transfer. Selain itu, nama tenar lain yang bergabung bersama Inter Milan adalah Yann M'Villa. Gelandang bertahan asal Prancis itu dipinjam Inter Milan dari klub Rusia, Rubin Kazan, hingga satu musim kompetisi mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement