Rabu 06 Aug 2014 09:20 WIB

Saat Sir Alex Bertemu Ronaldo Pertama Kali

Rep: C79/ Red: Didi Purwadi
Sir Alex Ferguson
Foto: Jon Super/AP
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Ungkapan kesan pertama begitu menggoda tepat disandarkan pada perasaan mantan arsitek Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, kala membawa anak asuhnya bertandang ke Estadio Jose Alvalade, pada 6 Agustus 2003.

Kekalahan 1-3 yang diderita timnya dari tuan rumah Sporting Lisbon tidak membuat gusar pelatih asal Skotlandia tersebut. Pada laga uji coba itu adalah momen pertama kalinya Sir Alex bertemu dengan Cristiano Ronaldo.

Penampilan memukau yang ditampilkan Ronaldo yang saat itu mengenakan nomor punggung 28 membuat Sir Alex kesengsem. Ronaldo tak hanya membuat Sir Alex takjub, para penggawa Setan Merah juga tak kalah terpukaunya.

Pada perjalanan pulang ke Manchester, para pemain tak henti-hentinya membicarakan pemain berkebangsaan Portugal tersebut. Mantan bek kanan MU, Gary Neville yang tak ikut berlaga dan hanya menyaksikan dari televisi mengaku langsung menghubungi saudaranya Phil Neville membicarakan Ronaldo.

"Saat itu di babak pertama ia berlari melewati John O'Shea," kenang Neville, dilansir Goal, Selasa (5/8).

"Dan saya berpikir ia luar biasa. Ketika Anda menonton pemain yang biasanya Anda lawan, Anda melihat lebih dekat dan sangat jarang untuk menemui tingkat pergerakan dan kecepatan seperti itu. Hanya sedikit orang yang berlari seperti itu dengan kecepatan itu,'' katanya.

Tak berselang lama, Sir Alex Ferguson tanpa ragu langsung merekrut Ronaldo dengan biaya transfer senilai 12 juta euro. MU mengubur impian Arsenal dan Liverpool yang juga menginginkan jasa Ronaldo.

Ronaldo yang telah bermain bersama the Red Devils selama enam musim telah menjadi pujaan publik Old Trafford dengan mencetak 118 gol dari 292 penampilannya. Bersama MU, Ronaldo telah meraih sejumlah gelar seperti  juara Liga Primer Inggris sebanyak tiga kali berturut-turut pada 2007 hingga 2009.

Selain itu, Ronaldo juga berhasil memberikan gelar juara Liga Champions pada 2008 lalu. Setelah meraih berbagai kesuksesan bersama MU, Ronaldo memutuskan untuk hengkang ke Real Madrid pada 2009 lalu dengan nilai transfer sekitar 80 juta euro yang membuatnya menjadi pemain termahal dunia saat itu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement