Ahad 10 Aug 2014 18:24 WIB

Timnas U-21 Siap Lakoni Laga Perdana di Spanyol

Rep: Maspril Aries/ Red: Fernan Rahadi
Skuat Sriwijaya FC U-21
Foto: Timnas Garuda
Skuat Sriwijaya FC U-21

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Tim nasional U-21 yang diperkuat sebagian besar pemain Sriwijaya FC U-21, Senin (11/8) waktu Spanyol akan memulai laga perdananya melawan tim nasional Mauritania pada turnamen Piala Cotif di Alcudia, Valencia. Media officer Sriwijaya FC Haryanto yang berada di Spanyol kepada Republika menjelaskan, timnas U-21 yang dilatih Rudy Wiliam Keltjes mengaku buta dengan kekuatan calon lawan yang berasal dari Afrika tersebut.

Menurut Haryanto, pelatih Rudy Keltjes menginstruksikan anak asuhnya menerapkan strategi bertahan dengan mengandalkan serangan balik. Namun strategi itu bisa saja berubah setelah melihat permainan di lapangan pada 10 – 30 menit awal babak pertama.

Para pemain timnas U-21 yang berasal dari Sriwijaya FC U-21, Persib U-21, Brisbane Roar U-21 dan pemain timnas U-19 menurut Rudy Keltjes, sudah siap secara fisik dan mental, kondisi pemain dalam keadaan prima dan siap menghadapi laga perdana melawan Mauritania. Pelatih yang pernah menangani PSM Makassar ini optimis anak asuhnya akan mampu menunjukkan prestasi terbaik pada turnamen yang diikuti negara-negara dengan peringkat FIFA lebih baik dari Indonesia.

Rudy Keltjes memotivasi anak-anak asuhannya untuk percaya diri dan tidak minder selama pertandingan berlangsung dan tidak terpengaruh dengan situasi dan kondisi saat pertandingan seperti menyangkut postur tubuh pemain lawan yang lebih tinggi dari para pemain Timnas U-21. “Para pemain harus percaya diri dengan kemampuan sendiri,” ujarnya.

Pada turnamen Cotif 2014, timnas membawa pemain diantaranya, Jufrianto, Rudolf Yanto Basna, Fachri Firmansyah, Junda Irawan, Zalnando, Ziko Sukmana, Untung Wibowo, Al Qomar, Viki Melano, Martinus, Angga Febry, Rangga Pratama, M Reza Pratama, Hernando Hendrik, Erianto, Gafri Ibrahim, Dian Sopian dan M Anang Adi Nugraha.

Indonesia pada turnamen kali ini bergabung di grup A yang terdiri dari dari Argentina, Mauritania, Indonesia, Levante dan Barcelona FC. Grup B terdiri dari Brasil, Ekuoador, Qatar, China dan Valencia FC. Jadwal pertandingan timnas U-21, Senin (11 Agustus 2014) melawan Mauritania, (13 Agustus) melawan Levante, (15 Agustus) melawan Argentina dan (16 Agustus) melawan Barcelona FC.

Timnas U-21 bermain di turnamen Piala Cotif menggantikan timnas U-19 yang bertanding di turnamen Piala Hassanal Bolkiah di Brunei pada wakktu bersamaan. Selama di Spanyol timnas U-21 menginap di Hotel Galvana Alcudia.

Turnamen Piala Cotif yang berlangsung sejak 1984 adalah turnamen yang diselenggarakan bagi tim atau klub dengan pemain muda berusia dibawah 21 tahun. Selama turnamen berlangsung tim yang berhasil menjadi juara adalah tim dari Amerika latin dan tim dari Spanyo. Lima tahun terakhir tim yang menjadi juara, tahun 2009 adalah Valencia FC, (2010) Ekuador, (2011) Valencia, (2012) Argentina dan (2013) Espana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement