Senin 18 Aug 2014 00:26 WIB

Taklukkan Newcastle, Manchester City Puncaki Klasemen

Rep: C71/ Red: Citra Listya Rini
Pemain Manchester City Sergio Aguero merayakan golnya usai menjebol gawang Newcastle United
Foto: EPA/LINDSEY PARNABY
Pemain Manchester City Sergio Aguero merayakan golnya usai menjebol gawang Newcastle United

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Manchester City mempertegas kedudukan mereka sebagai penguasa Liga Primer Inggris. The Citizens  sukses memetik tiga poin pada lawatan ke Saint James Park usai mengalahkan Newcastle United dengan skor 2-0, Ahad (17/8) malam WIB.

City memetikkemenangan perdananya musim ini lewat gol David Silva pada menit ke-37 dan Sergio Aguero pada masa injury time. Sang juara bertahan pun berhak mengoleksi tiga poin dan menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Ketika wasit Martin Atkinson meniup peluit kick-off tanda mulainya pertandingan, City langsung mengambil inisiatif serangan. Dengan sederet penyerang berbahaya yang menjadi motor serangan City untuk menjadi juara Liga Primer musim lalu, lini pertahanan Newcastle benar-benar mendapatkan ujian nyata.

Pertandingan baru berjalan tiga menit, gawang Newcastle langsung mendapat ancaman. Stevan Jovetic melepaskan umpan chip kepada Edin Dzeko. Namun, kiper Tim Krul dengan sigap berhasil mengamankan bola.

Memasuki menit ke-11 Samir Nasri melepaskan tendangan keras ke gawang Newcastle. Untungnya, Krul bertugas dengan baik untuk menepis tendangan gelandang asal Prancis itu untuk menghasilkan tendangan sudut. City tampaknya cukup kerepotan kala membangun serangan dari sisi kanan lapangan.

Pemain yang diberi tugas, Gael Clichy tampil kurang baik karena tampaknya kurang familiar karena lebih sering bermain di sisi kiri. Gol yang ditunggu-tunggu pendukung the Citizens akhirnya lahir pada menit ke-37. Terjadinya gol bermula ketika Yaya Toure melepaskan umpan panjang dari tengah lapangan ke kotak penalti lawan.

Edin Dzeko yang menerima bola dengan baik memberikan umpan kepada Silva. Lepas dari hadangan pemain belakang Newcastle, Silva langsung menceploskan bola ke gawang lawan.

Memasuki babak kedua, baik Newcastle maupun City tak melakukan pergantian pemain. Berbeda dengan penampilan di babak pertama, kali ini Newcastle berusaha mendominasi serangan. Selang lima menit usai turun minum, Yoann Gouffran mengancam gawang City yang dikawal Joe Hart.

Berawal dari tendangan sudut, Remy Cabella melepaskan umpan yang melahirkan kemelut di kotak penalti City. Gouffran berusaha memanfaatkan peluang itu namun Hart berhasil mengamankan bola. Menit ke-58 giliran Paul Dummett mengancam gawang City. Akan tetapi, tendangan kerasnya masih melambung di atas mistar gawang.

City tampaknya agak kesulitan mengendalikan tempo permainan karena pemain-pemain Newcastle lebih banyak melakukan serangan. Baru pada menit ke-72, City berhasil mendapatkan kesempatan tendangan bebas di depan kotak penalti. Tendangan melengkung Yaya Toure, melintas tipis di atas mistar gawang. Usaha City untuk menggandakan keunggulan masih gagal.

City tampaknya masih belum puas dengan keunggulannya. Pada menit ke-83, City menarik keluar Dzeko untuk memasukkan Sergio Aguero. Selain itu, Newcastle pun mengganti Riviere untuk memberikan debut kepada Ayoze Perez. Tampaknya pergantian pemain di akhir laga lebih berpengaruh untuk kubu tuan rumah.

Perez yang baru masuk langsung mengancam gawang City selang semenit sejak ia menginjakkan kaki di atas lapangan. Akan tetapi, tendangan pemain berusia 21 tahun itu masih membentur lawan. Bertubi-tubi serangan pun dilancarkan anak asuh Alan Pardew untuk setidaknya meraih satu poin di kandang sendiri. Akibat terlalu asyik menyerang, Newcastle langsung mendapat hukuman dari Aguero pada masa injury time.

Meski tendangan pertama penyerang Argentina itu sempat ditepis kiper, ia tak menyia-nyiakan kesempatan keduanya untuk mencetak gol pada menit ke-92. City pun berhasil menutup laga dengan kemenangan 2-0.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement