Selasa 19 Aug 2014 17:42 WIB

Munir, Bintang Muda Pujaan Publik Camp Nou

Rep: C79/ Red: Citra Listya Rini
Munir El Haddadi
Foto: REUTERS/Pierre Albouy
Munir El Haddadi

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lupakan sejenak nama besar Luis Suarez yang hijrah ke Barcelona pada musim panas ini. Publik Camp Nou saat ini tengah di mabuk kepayang oleh aksi anak muda bernama Munir El Haddadi. 

Mencetak empat gol dari dua laga terakhir Barcelona di ajang pra musim, Munir semakin membuat pelatih Barca, Luis Enrique, untuk mempertimbangkannya bergabung bersama tim utama Blaugrana musim 2014/2015.

Pada laga persahabatan bertajuk Joan Gamper Trophy di Camp Nou, Selasa (19/) dinihari WIB. Barcelona menang telak enam gol tanpa balas atas wakil Meksiko, Club Leon. Munir yang berstatus sebagai pemain pengganti pada pertandingan itu sanggup melesakkan dua gol di babak kedua.

Gol pertama diciptakan pemain berusia 19 tahun itu pada menit ke-55. Publik Camp Nou sempat memberikan sambutan hangat kepada Suarez yang tampil perdana untuk Barcelona 15 menit sebelum laga usai.

Namun, mantan bomber Liverpool itu tampil kurang mengesankan sampai akhirnya Munir kembali mencuri perhatian Barcelonistas melalui gol keduanya di menit ke-78. 

Seusai laga, Enrique memuji Munir atas performa gemilang yang ditampilkannya malam itu. Pelatih asal Spanyol ini mengaku puas dengan penampilan talenta mudanya selama mengikuti laga pramusim bersama tim senior Barca.

Namun, Enrique meminta Munir tidak lekas berpuas diri dan terus berkembang. Pelatih yang juga pernah membela Barcelona di era 90'an ini siap memberikan kesempatan kepada sang pemain untuk tampil di pertandingan resmi.

"Kami tahu Munir mempunyai kualitas. Seberapa jauh dia berkembang tergantung dirinya sendiri. Menyenangkan memiliki skuat cadangan seperti yang kami miliki," ujar Enrique.

Lahir di San Lorenzo de El Escorial, Madrid 19 tahun lalu, Munir mengawali karier bersama Rayo Majadahonda dengan mencetak 32 gol dari 29 pertandingan. Karena penampilan ciamik yang ditunjukannya, ia pun menarik minat dari sejumlah pihak seperti Real Madrid dan Manchester City.

Munir kemudian mengikuti trial bersama Atletico Madrid, tetapi akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama akademi Barcelona pada 2011 lalu.

Munir menjalani debutnya bersama akademi Barca ketika menghadapi Ajax pada ajang Liga Eropa U-19. Kala itu ia berhasil mencetak dua gol ke gawang Ajax dan kembali unjuk gigi kala bertemu Milan dan Copenhagen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement