Selasa 19 Aug 2014 18:29 WIB

Barcelona Siap Pinjamkan Song Secara Cuma-Cuma

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Alex Song
Foto: AP
Alex Song

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kehadiran Ivan Rakitic di skuat Barcelona ternyata meninggalkan keraguan terkait kelanjutan masa depan Alexandre Song di Stadion Nou Camp. Barcelona kabarnya siap melepas gelandang bertahan asal Kamerun itu sebagai pemain pinjaman pada bursa transfer pemain musim panas Eropa kali ini.

Kabar ini berkembang berdasarkan lansiran salah satu media asal Inggris, The Telegraph, Selasa (19/8). Bahkan, Barcelona siap melepas Song sebagai pemain pinjaman selama satu musim secara gratis. Artinya, Barcelona tidak akan meminta biaya transfer kepada klub-klub peminat gelandang bertahan berusia 26 tahun itu.

Sebelumnya, Barcelona sempat menegaskan tidak akan melepas Song jika tidak ada klub yang berani membayar nilai transfer sebesar delapan juta pound. Nilai itu dianggap sebagai nilai yang pantas buat mantan gelandang Arsenal itu jika memutuskan hijrah secara permanen dari runner-up Liga Spanyol musim lalu tersebut.

Namun, manajemen Barcelona agaknya hanya ingin meminjamkan Song.Keinginan Barcelona melepas Song pun terlihat dalam uji coba terakhir Barcelona, saat mampu menhempaskan tim asal Meksiko, Leon, 6-0. Mantan gelandang bertahan Bastia itu menjadi satu-satunya pemain di tim utama Barcae yang tidak dimainkan pelatih Barcelona, Luis Enrique, dalam laga yang digelar Stadion Camp Nou tersebut.

Sejak hijrah dari Arsenal pada 2012 dengan nilai transfer mencapai 15 juta pound, Song memang dianggap kesulitan untuk bisa menembus starting line-up tim asal Katalan tersebut. Selama dua musim berseragam Bluagrana, Song hanya mengemas 39 caps di kancah La Liga.

Catatan ini sangat jauh berbeda di dua musim terakhir Song bersama Arsena, kala dirinya mampu bermain di 65 laga di Liga Primer Inggris. Nasihat buat Song untuk segera meninggalkan Barcelona pun sempat diutarakan rekan Song di Timnas Kamerun, Samuel Eto'o.

Menurut penyerang Barcelona itu, dengan usia Song yang masih muda dan berada di puncak kariernya seharusnya Song lebih banyak mendapatkan kesempatan bermain. ''Dia harus meninggalkan Barcelona. Pada usianya saat ini, dia seharusnya bisa lebih banyak bermain dan menempati posisi di starting line-up sejumlah klub-klub besar,'' kata Eto'o seperti dikutip Goal.

Manajemen Barcelona dikabarkan telah melakukan pertemuan dengan Song terkait rencana mereka tersebut. Diberi kebebasan untuk memilih, Song kabarnya lebih memilih untuk kembali merumput di Liga Primer Inggris, kompetisi yang telah membesarkan namanya itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement