Senin 25 Aug 2014 14:41 WIB

Ada Kucing Hitam di Laga Perdana Barcelona, Berkah Buat Barca?

Red: M Akbar
kucing
Foto: Getty
kucing

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Laga pembuka Barcelona di Camp Nou, Senin (25/8) dini hari WIB, diwarnai dengan insiden masuknya kucing hitam ke tengah lapangan. Alhasil, pertandingan yang mempertemukan Barca dengan klub promosi Elche itu terpaksa dihentikan beberapa saat.

Lantas adakah kaitan kucing hitam yang masuk ke tengah lapangan itu menjadi penyebab atas kemenangan pembuka Barca 3-0 atas Elche? Tentunya, tak ada yang bisa mengaitkan insiden unik itu dengan kemenangan El Barca di kompetisi La Liga Spanyol musim ini.

Namun dalam pemahaman yang tumbuh di daratan Eropa, hadirnya kucing hitam itu ternyata menyimpan sarat makna. Mengutip artikel yang terpajang di laman whats-your-sign, dalam pemahaman tradisi Celtic, kucing hitam itu diyakini sebagai makhluk jahat yang kerap dijadikan sebagai tumbal.

Keyakinan lain yang tumbuh di dalam komunitas Barat, kucing hitam ini sering diasosiasikan dengan ilmu sihir. Lalu di dalam masyarakat Romawi Kuno, kucing hitam ternyata dianggap sebagai penjaga rumah serta sebuah simbol dari kebaikan domestik.

Nah, akankah kucing hitam yang menghiasi laga di Camp Nou itu akan memberikan berkah positif bagi Barca untuk perjalanannya musim ini? Yang pasti, Barca telah berusaha untuk melakukan persiapan maksimal sepanjang musim panas ini.

Hadirnya sosok semacam Munir El Haddadi telah menjadi tanda bagi para pesaing Barca bahwa pemain berusia 18 tahun ini berpotensi menjadi ancaman musim ini. Dan itu sudah ditunjukkannya tiga penampilan terakhirnya bersama Barca, termasuk satu gol yang dicetaknya ke gawang Elche.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement