Kamis 28 Aug 2014 19:35 WIB

Batistuta Nyaris Amputasi Kaki, Kenapa?

Rep: C71/ Red: M Akbar
Gabriel Batistuta
Foto: AP Photo/Ricardo Mazalan
Gabriel Batistuta

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Kondisi fisik mantan pemain Fiorentina, Gabriel Batistuta ternyata memburuk usai memutuskan pensiun dari sepak bola. Batistuta bahkan sempat meminta kakinya diamputasi karena tak tahan dengan sakit yang ia rasakan.

Mantan penyerang tim nasional Argentina itu menikmati 17 tahun karier di level profesional. Selama 12 tahun ia menghabiskan kariernya di Italia untuk menjadi salah satu legenda kompetisi Serie A Italia.

Hingga saat ini ia menempati peringkat ke-11 pencetak gol terbanyak dengan raihan 184 gol. Meskipun begitu, setelah terakhir kali bermain untuk Al Arabi pada 2005, Batistuta harus berjuang melawan fisiknya yang terus memburuk.

"Setelah meninggalkan sepakbola dalam waktu dekat saya hampir tak bisa berjalan," kata pemain berusia 45 tahun itu kepada TyC Sports.

Batistuta menceritakan ia bahkan sempat mengompol karena tak mampu bangkit untuk menuju kamar mandi. "Saya pergi ke dokter ketika sakit di engkel saya sudah tak tertahankan. Itu adalah momen saya memintanya untuk mengamputasi kaki saya," kata Batistuta.

Ia mengaku terinspirasi untuk melakukan hal itu untuk mencontoh atlet lari Afrika Selatan, Oscar Pistorius yang juga mengamputasi kakinya. Untungnya, pemulihan kaki Batistuta berjalan dengan sukses meski membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan. "Saya sudah sehat. Saya bahkan sudah bermain sepakbola lagi," kata Batistuta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement