Jumat 29 Aug 2014 15:18 WIB
Liga Champions

Ini Peta Persaingan Masing-Masing Grup Liga Champions

Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, MONAKO -- Undian fase grup Liga Champions musim ini resmi digelar di Monako pada Kamis (Jumat WIB). Berikut peluang lolos dan peta kekuatan dari masing-masing grup.

Atletico Madrid, runner up Liga Champions tahun lalu yang juara Liga Spanyol, akan berupaya menyingkirkan juara Italia, Juventus, di Grup A. Atletico Madrid dan Juventus diprediksikan akan lolos ke babak 16 besar dari perwakilan Grup A.

Atletico dan Juventus satu grup bersama juara Yunani, Olympiakos, yang biasanya kesulitan di fase ini. Satu lagi adalah juara Liga Swedia, Malmo FF, yang pernah menjadi runner up Piala Eropa pada 1979.

Sementara, juara bertahan Real Madrid dan Liverpool dipastikan akan percaya diri untuk mampu lolos dari Grup B. Maklum, salah satu pesaingnya merupakan 'pemain' debutan dalam kancah Liga Champions.

Ludogorets, tim debutan asal Bulgaria yang baru dibentuk pada 2001 dan stadionnya hanya mampu menampung 8.000 penggemar, tampaknya sulit untuk mengejutkan Madrid dan Liverpool.

Peluang masih terbuka bagi klub Swiss, Basel, yang tiga tahun lalu menyingkirkan Manchester United di fase grup.

Dua klub Portugal, FC Porto dan Benfica, mendapat undian yang relatif mudah. Benfica, juara dua kali turnamen ini, ditantang tim Rusia, Zenit St Petersburg, di persaingan Grup C. Zenit kini dilatih oleh Andre Villas-Boas yang merupakan mantan pelatih Porto.

Dua lawan lainnya, Bayer Leverkusen (Jerman) dan Monaco. Sementara, Porto berada di Grup H bersama dengan tim Ukraina Shakhtar Donetsk, Athletic Bilbao dari Spanyol, dan pewakilan Belarus BATE Boriov.

Grup berlabel 'grup neraka' pantas disematkanpada Grup D. Arsenal, yang berupaya mencapai fase gugur untuk tahun ke-12 secara beruntun, akan dihadang oleh Borussia Dortmund, finalis 2013, pada undian Grup D yang berat ini.

Keduanya akan bersaing ketat bersama Galatasaray, yang mengalahkan mereka di final Piala UEFA 2000, serta raksasa Belgia yakni Anderlecht.

Pertarungan yang akan berlangsung sengit adalah saat juara 2013, Bayern Muenchen, bertemu dengan Manchester City di persaingan Grup E.

Ini merupakan ketiga kalinya dalam empat tahun Bayern dan City akan saling berhadapan satu sama lain di fase grup. Kehadiran AS Roma dan CSKA Moscow akan menyengitkan persaingan grup ini.

Namun, mungkin pertandingan yang paling banyak menyita perhatian adalah ketika juara empat kali Barcelona bertemu dengan Paris Saint Germain yang merekrut bek tengah asal Brasil, David Luiz, dari Chelsea pada musim panas.

Luiz akan bertemu dengan lawan yang familiar yakni rekrutan baru Barca, Luis Suarez, yang merupakan mantan penyerang Liverpool.

Juara empat kali Ajax, salah satu bekas klub Suarez, juga berada di Grup F. Begitu juga Apoel dari Siprus.

Terdapat undian yang ringan, setidaknya di atas kertas, bagi Chelsea. Juara 2012 itu akan berhadapan dengan tim Jerman Schalke 04, Sporting Lisbon asal Portugal, dan klub Slovenia Maribor di Grup G.

 

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement