Kamis 04 Sep 2014 03:12 WIB

Dua Kali Bobol Gawang Azerbaijan, Kerzhakov Pecahkan Rekor Gol Rusia

Alexander Kerzhakov
Foto: Felipe Dana/AP Photo
Alexander Kerzhakov

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW—Laga Rusia versus Azerbaijan yang berlangsung di Arena Khimki, Moskow,.Rabu (3/9) ini memang hanya pertandingan pertandingan biasa. Namun bagi penyerang Rusia Alexander Kerzhakov, laga yang berakhir dengan kemenangan tim tuan rumah 4-0 ini sangat spesial. 

Kerzhakov mencatatkan rekor sebagai top skorer sepanjang masa di timnas Rusia. Dua gol yang dijaringkannya ke gawang Azerbaijan membuat torehan golnya menjadi 28.

Sebelum laga berlangsung, penyerang klub Zenit St Petersburg ini sebenarnya sudah menjadi top skorer bersama Vladimir Beschastnykh dengan torehan 26 gol. Kerzhakov melampaui Beschastnykh—eks striker yang terakhir membela Rusia pada 2003—setelah pada menit keenam tandukannya gagal diantisipasi kiper Azerbaijan Kamran Agaev.

Pada menit ke-12, Kerzhakov mencetak gol kedua dengan membelokkan bola umpan gelandang Villarreal Denis Cheryshev. Tabungan gol pemain berusia 31 tahun ini kemungkinan akan terus bertambah karena dia masih mendapatkan kepercayaan dari Capello.

Capello yang gagal membawa Rusia bersinar pada Piala Dunia 2014 lalu cukup puas dengan penampilan timnya. Apalagi penampilan sejumlah pemain muda yang menjalani debutnya bersama Rusia di laga ini cukup menjanjikan. Ada nama striker FC Rostov, Dmitry Poloz (23),  gelandang Rubin Kazan, Magomed Ozdoev (21) dan bek Spartak Moskow, Sergey Parshivlyuk (25).

"Hal paling penting adalah sejumlah pemain muda yang mendapatkan kesempatan untuk membuat debut. Hari ini saya paham bahwa satu generasi muncul di Rusia dan mereka punya masa depan,” kata pelatih asal Italia ini seperti dikutip Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement