Jumat 05 Sep 2014 05:29 WIB

Tampil Buruk Lawan Prancis, Kebangkitan Spanyol Tertunda

Loic Remy merayakan golnya ke gawang Spanyol bersama rekan-rekannya.
Foto: Benoit Tessier/Reuters
Loic Remy merayakan golnya ke gawang Spanyol bersama rekan-rekannya.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Langkah Vicente Del Bosque untuk membangun ulang tim Spanyol setelah babak belur di Piala Dunia 2014 tersendat. Spanyol takluk 0-1 dari Prancis dalam laga persahabatan Jumat (5/9) pagi WIB lewat gol pemain pengganti Loic Remy pada menit ke-73.

Bukan sekadar kalah. Dalam laga yang berlangsung di Stade De France, Paris itu La Roja tak sekalipun bisa mengarahkan bola tepat ke gawang Prancis.  Dengan pensiunnya David Villa, Xavi, dan Xabi Alonso, serangan Spanyol terlalu mudah dijinakkan Les Bleus. Spanyol baru bisa melepaskan tembakan yang membahayakan pada menit ke-83. Itupun bola sepakan David Silva hanya melebar.

Del Bosque masih kalem. Ia menyebut ini sebuah proses regenerasi yang mesti dilewati timnya. Eks pelatih Real Madrid ini menegaskan orang tak bisa selalu melihat ke belakang dalam sepak bola.

“Saya senang dengan sikap para pemain. Memang benar kami tidak menciptakan peluang emas, tapi kami menempatkan diri kami dalam posisi yang membahayakan lawan,” kata dia seperti dikutip AP.

Del Bosque menurunkan wajah-wajah baru antara lain gelandang Raul Garcia, bek Mikel San Jose, bek  Ander Iturraspe dan striker Paco Alcacer. Hanya tersisa Cesc Fabregas, Sergio Busquets, dan Sergio Ramos dari tim super Spanyol di masa lalu. Fabregas sempat merepotkan pertahanan Prancis, namun tanpa dukungan memadai.

Pelatih Prancis Didier Deschamps menyebut Spanyol kehilangan kerja sama tim solid yang dulu menjadi ciri khas La Roja. "Mereka dulu biasa bermain dengan mata tertutup dengan pergerakan, presisi, dan saling pengertian,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement