Jumat 12 Sep 2014 19:19 WIB

Van Basten Mundur Sebagai Pelatih AZ Alkmaar, Ada Apa?

Rep: reja irfa widodo/ Red: M Akbar
Marco Van Basten
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Marco Van Basten

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Marco Van Basten mengambil keputusan untuk mundur sebagai pelatih AZ Alkmaar. Keputusan ini diambilnya karena mengalami masalah dengan kesehatan.

Mantan pemain terbaik Eropa itu memang sempat mengajukan cuti setelah kehilangan ayahnya, yang meninggal dunia pada Juli silam. Setelah kematian ayahnya itu, Van Basten dikabarkan begitu terpukul dan mengalami tekanan secara emosional.

Kondisi psikologis ini ternyata berimbas pada kesehatannya. Eks pelatih tim nasional Belanda itu mengalami jantung berdebar-debar akibat stres yang berlebihan.

Alhasil, Van Basten mengajukan cuti kepada manajemen AZ Alkmaar pada Agustus silam. Eks pelatih timnas Belanda itu bahkan harus melewatkan beberapa laga awal AZ Alkmaar di Eredivisie Belanda.

Pada saat itu, posisi Van Gaal di AZ Alkmaar untuk sementara diambil alih oleh asisten pelatih Alex Pastoor dan Dennis Haar. Namun, pihak manajemen klub memutuskan memperpanjang masa cuti Van Basten selama dua pekan hingga 14 September waktu setempat.

Langkah ini diambil manajemen klub lantaran Van Basten dianggap belum bisa sepenuhnya pulih. Akhirnya, seperti dilansir Reuters, Van Basten dikabarkan memutuskan mengundurkan diri sebagai pelatih kepala AZ Alkmaar.

Masa jabatan Van Basten di Alkmaar pun berlangsung dengan singkat. Sepakat menggantikan Dick Advocaat sebagai pelatih Alkmaar, pelatih berusia 49 tahun itu menandatangi kontrak selama dua tahun pada April silam. Kabarnya, Pastoor diharapkan mengisi posisi yang ditinggalkan Van Basten tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement