Jumat 12 Sep 2014 23:08 WIB

Erwin Minta PT Liga Teliti Aduan Persepam

Red: M Akbar
Persepam Madura United
Foto: blogspot.com
Persepam Madura United

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota EXCO PSSI, Erwin Dwi Budiawan, meminta PT Liga Indonesia segera meneliti aduan yang dilayangkan oleh manajemen klub Persepam Madura United terkait dengan penggunakan empat pemain asing yang dilakukan oleh Perseru Serui.

"Kami meminta PT Liga Indonesia segera meneliti bukti yang ada. Jika benar, jelas bisa saja akan ada sanksi. Ini menyangkut masalah regulasi," kata Erwin Dwi Budiawan di Jakarta, Jumat (12/9).

Manajemen klub yang berjuluk Sape Kerap ini sebelumnya mengajukan keberatan kepada PT Liga Indonesia selalu operator kompetisi Indonesia Super League (ISL), di antaranya terkait dengan penggunakan pemain asing saat Perseru menghadapi Mitra Kukar, 25 Agustus.

Pada situs resmi PT Liga Indonesia, tertulis jelas jika Perseru memasukkan empat nama pemain asing, yaitu Seme Pattrick, Ali Khadafi, Jean Paul Boumsong, dan Sunday Austin Oboh. Padahal, sesuai dengan regulasi hanya boleh tiga pemain yang masuk line up dalam sebuah pertandingan.

Pada pertandingan tersebut Perseru mampu menang 1-0 atas tim yang berjuluk Naga Mekes itu. Hasil tersebut juga memengaruhi klasemen akhir ISL. Tim asal Papua itu terhindar dari zona degradasi. Kondisi terbalik dialami Persempam yang harus turun kasta ke Divisi Utama.

Sebelumnya, Manajer Persepam Madura United Achsanul Qosasi mengaku telah mengirimkan surat protes kepada PT Liga Indonesia terkait dengan penggunaan pemain asing dalam satu pertandingan yang dilakukan Perseru. Kondisi ini dinilai merugikan timnya.

"Ini menyangkut masalah regulasi. Oleh karena itu, PT Liga Indonesia harus memprosesnya. Kami berharap ke depannya Liga lebih teliti dan tidak menunggu permasalahan muncul," katanya.

Permasalahan ini muncul kepermukaan setelah klub satu-satunya yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur, ini terdegradasi ke Divisi Utama. Kondisi ini terjadi setelah anak asuh Arcan Iuri itu mengalami kekalahan 1-2 dari Persipura. Padahal, saat itu hanya butuh hasil imbang akan tetap bertahan di ISL.

Kondisi berbeda terjadi pada Perseru. Tim asal Papua yang selama ini berada di papan bawah mampu bermain bagus. Setelah mengalahkan tim papan atas Mitra Kukar, anak asuh Agus Setyono mampu menahan imbang Persepam dengan 1-1.

Adapun pertandingan penentuan yang membawa Perseru tetap bertahan di ISL adalah mampu mengalahkan tuan rumah Persela Lamongan, Jawa Timur, di Stadion Surajaya, (5/9) dengan skor 3-1. Pada klasemen akhir antara Perseru dan Persepam memiliki nilai sama, yaitu 23. Namun, Persempa kalah head-to-head dengan Perseru.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement