Rabu 17 Sep 2014 15:06 WIB

Timnas U-23 Indonesia Bidik 16 Besar Asian Games

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: Citra Listya Rini
Timnas U-23 Indonesia
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Timnas U-23 Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Timnas U-23 Indonesia tidak ingin berjuang lebih lama untuk memastikan diri ke babak 16 besar Asian Games 2014. Skuat Garuda Muda akan berusaha mewujudkannya saat berhadapan dengan Maladewa pada laga kedua Grup E di Incheon Football Stadium, Kamis (18/9) siang. 

Indonesia saat ini bertengger di puncak klasemen berkat kemenangan telak 7-0 melawan Timor Leste di laga perdana. Jika bisa mengalahkan Maladewa, Bayu Gatra dan kawan-kawan dipastikan finis di dua besar yang menjadi syarat untuk lolos dari fase grup. 

Pelatih Aji Santoso menyadari peluang ini. Ia meminta kepada para pemain untuk memanfaatkan momentum ini dengan bermain semaksimal mungkin seperti pada laga perdana. Sebab, jika gagal meraih kemenangan, beban akan berat karena Indonesia bakal bertemu tim kuat Thailand pada laga pamungkas grup.

“Menang artinya lolos. Kami akan berusaha menyegel tiket 16 besar dengan melawan Maladewa,” kata Aji melalui pesan singkat. 

Pelatih berusia 44 tahun itu sudah mengantongi kekuatan Maladewa. Aji bersama para pemain bahkan sempat mempelajari langsung permainan Maladewa saat bertanding melawan Thailand pada laga perdana. 

Maladewa, jelas Aji, merupakan tim yang cenderung bertahan dan lebih mengandalkan serangan balik. “Gambaran permainan mereka sudah kami ketahui. Mereka tim yang lebih senang bermain bertahan,” kata Aji menambahkan. 

Karena itu, Aji berharap anak asuhnya bisa bermain lebih sabar serta lebih tajam memanfaatkan setiap peluang. Jangan sampai para pemain tergesa-gesa melepaskan tembakan lantaran rapatnya barisan pertahanan lawan. 

Maladewa sebenarnya bukan lawan asing bagi Indonesia. Kedua tim sebelumnya sempat bertemu pada turnamen mini di Jakarta, pada November 2013. Kala itu, Indonesia menang dengan skor 2-1 meskipun lebih dulu tertinggal. Kendati begitu, Aji menegaskan hasil tersebut tidak bisa dijadikan acuan. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement