Jumat 19 Sep 2014 19:20 WIB

Ini Dia Sosok yang Berpengaruh buat Xavi

Rep: CR03/ Red: M Akbar
Xavi Hernandez.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez/ca
Xavi Hernandez.

REPUBLIKA.CO.ID, SPANYOL --- Xavi Hernandez telah diberikan nilai kenangan yang luar biasa oleh Luis Aragones sebagai pengaruh terbesar pada kariernya, lebih dari apa yang dia dapatkan oleh mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Gelandang tengah itu muncul seketika di televisi media Spanyol dan membahas sejumlah kenangan yang diberikan oleh mendiang Luis Aragones, dianataranya pengalaman ketika memperkuat skuat La Roja.

"Aragones adalah orang yang paling berpengaruh dalam karir saya, bahakan lebih daripada Guardiola," ungkap Xavi, seperti yang dikutip Football Espana, Jumat (19/9).

"Dia (Aragones) memberikan sejumlah hal yang tidak saya bayangkan. Dia adalah orang yang sangat penting di dunia Sepak bola. Dalam perpecahannya dengan Raul ada banyak penderitaan," tambahnya.

Gelandang yang berhasil membawa Blaugrana menjuarai Liga Champions tahun 2011 ini, mengungkapkan masa yang paling bahagia bersama Spanyol adalah bukan kemenangan Piala Dunia 2010, melainkan kemenangan Piala Eropa dua tahun setetlahnya.

"Itu adalah waktu saya yang paling menyenangkan dengan tim nasional," tegasnya.

"Saya kecewa tidak bermain melawan Chile (Di Piala Dunia ini). Pelatih meminta saya untuk tinggal bersama skuat timnas dua tahun lagi untuk berada di Euro 2012. Saya juga kecewa tidak dapat tampil setelah kekalahan atas Belanda, dan jadi aku memilih untuk meninggalkan timnas Spanyol," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement