Senin 29 Sep 2014 14:07 WIB

Sporting Lisbon dan Chelsea Siap Cetak Sejarah Baru

Rep: C65/ Red: Citra Listya Rini
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, LISBOA  --  Pertandingan Liga Champions leg kedua yang akan mempertemukan tuan rumah Sporting Lisbon dan Chelsea di Estadio Jose Alvalade, Rabu (1/10) dinihari WIB akan menjadi sejarah baru. Kenapa?

Lantaran selama ini kedua tim belum pernah bertemu. Tidak hanya itu, ada beberapa fakta menarik dimana sang pelatih Chelsea Jose Mourinho pernah memiliki hubungan dengan Lisbon.

Berikut fakta klub Portugal, Sporting Lisbon dan klub Liga Primer Inggris, Chelsea yang dilansir laman resmi Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Senin (29/9).

Sporting Lisbon

- Klub ini telah memenangkan tiga pertandingan terakhir di kandang mereka saat melawan tamu dari Inggris tanpa kebobolan gol. Satu-satunya kekalahan Lisbon adalah saat melawan Manchester United 1-0 pada babak penyisihan grup Liga Champions tahun 2007/2008.

- Sebanyak 19 pertandingan melawan klub Inggris, Lisbon mengalami sembilan kali kemenangan, tujuh kali menelan kekalahan dan tiga pertandingan berakhir imbang.

- Ini merupakan penyisihan grup keenam Lisbon, tahun 2008/2009 merupakan penyisihan pertamanya dan saat itu mereka maju ke babak 16 besar untuk pertama kalinya.

- Klub ini menjadi runner up Liga Portugal pada tahun 2013/2014 dan selama 16 kali pertandingan kandang di Eropa tidak terkalahkan. 13 kemenangan, tiga kali berakhir seri dan kalah 2-0 atas Brondby IF pada Liga UEFA 2010/2011.

Chelsea

- Dalam sembilan pertandingan melawan klub Portugal di kompetisi Eropa. Chelsea memenangkan tujuh pertandingan, satu kali imbang dan satu kali menelan kekalahan.

- Kemenangan terakhir the Blues terjadi saat melawan Benfica pada Liga UEFA 2013 lewat sundulan Branislav Ivanović pada menit terakhir pepanjangan waktu dengan skor 2-1.

- Jose Mourinho pernah bekerja di Sporting Lisbon sebagai asisten pelatih selama satu setengah musim antara tahun 1992 dan 1993. Ia kemudian menjadi pelatih di Benfica, meninggalkannya setelah menang 3-0 atas Sporting pada tahun 2001. Ia juga pernah melatih UD Leira dan Porto. 

- Pemain Chelsea, Nemanja Matic juga pernah bermain untuk Benfica, yang tidak terkalahkan dalam empat penampilannya melawan Sporting. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement