Rabu 08 Oct 2014 16:50 WIB

Saatnya Talenta Muda Inggris Unjuk Gigi

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson
Foto: AP
Pelatih Timnas Inggris Roy Hodgson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Timnas Inggris bakal menjamu tamunya San Marino dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2016 di Stadion Wembley, Jumat (10/10) dinihari WIB, Berkaca dari hasil terakhir pertemuan Inggris kontra San Marino sebelumnya, maka duel di Stadion Wembley seharusnya menjadi milik tuan rumah.

Tidak tanggung-tanggung, the Three Lions berhasil menyarangkan total 13 gol dari dua pertemuan terakhir mereka, tepatnya di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu. Namun, pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson tidak mau menjadikan hasil itu sebagai patokan utama dalam menghadapi San Marino, yang menempati peringkat ke-208 FIFA itu.

Menurut mantan pelatih Liverpool itu, yang terpenting adalah bisa meraih hasil maksimal di dua laga lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2016, kontra San Marino dan Estonia pada Ahad (12/10) malam WIB.

''Kami berhasil mencetak 13 gol saat menghadapi Estonia, tapi saya tidak ingat soal pengahargaan atas hal tersebut. Pada akhirnya, kemenangan jadi hal yang lebih penting. Memetik enam angka di dua laga dan penampilan para pemain jauh lebih penting ketimbang torehan jumlah gol,'' kata Hodgson seperti dikutip Gulf Times, Selasa (8/10).

Terkait kelengkapan timnya, Hodgson memang harus kehilangan bek kanan asal Everton, John Stones, lantaran mengalami cedera. Untuk itu, Hogdson telah memanggil Calum Chambers. Namun, Chambers, yang berposisi asli sebagai bek tengah, agaknya tidak akan secara langsung ditempatkan sebagai bek kanan.

Kabar paling santer, posisi itu akan diberikan kepada pemain Southampton, Nathaniel Clyne. Bek kanan berusia 23 tahun itu memang tampil cukup impresif di sepanjang awal musim ini dengan mengantarkan the Saints bersaing di tiga teratas klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Sepanjang babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Hodgson memang terus mempromosikan sejumlah pemain muda. Nama gelandang Aston Villa, Fabian Delph, sempat melakoni laga debutnya buat Timnas Inggris di laga perdana babak kualifikasi Piala Eropa 2016, saat Inggris menang 2-0 atas Swiss.

Hodgson memprediksi, San Marino akan mencoba bermain bertahan agar banyak gol. Untuk itu, Hodgson meminta barisan penyerangnya, yang digalang Danny Welbeck dan Wayne Rooney, untuk bisa memanfaatkan semua peluang yang mereka dapat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement