Jumat 10 Oct 2014 16:38 WIB

Kemenangan Atas Spanyol Jadi Kebahagiaan Warga Slowakia

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Citra Listya Rini
Timnas Slowakia
Timnas Slowakia

REPUBLIKA.CO.ID, ZILINA  --  Perjuangan berat yang ditunjukan para penggawa Slowakia berakhir dengan kejayaan. Martin Skrtel dan kawan-kawan berhasil menumbangkan juara Piala Eropa 2012, Spanyol, 2-1 di laga lanjutan babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Jumat (10/10) dini hari WIB.

Pelatih Slowakia, Jan Kozak, bahkan menyebut keberhasilan mengalahkan Spanyol ini menjadi sumber kebahagian dan kebanggan terbaru masyarakat negara yang terletak di Eropa tengah tersebut. Kozak menyebut kemenangan atas Spanyol ini menjadi kemenangan yang sangat berharga.

Maklum, kemenangan ini mengakhiri rentetan tidak pernah kalah Spanyol di babak kualifikasi Piala Eropa dalam delapan tahun terakhir. Namun, kemenangan ini tidak datang dengan mudah.

''Para pemain sempat mengalami kram otot di akhir laga. Tapi mereka terus berjuang dan menahan rasa sakit itu. Keberhasilan membuat seantero Slowakia berada dalam kebahagiaan,'' kata Kozak di Soccerway.

Penampilan solid di lini belakang, lanjut Kozak, menjadi kunci keberhasilan mereka mengandaskan perlawanan Spanyol, terutama penampilan bek Martin Skrtel dan performa apik kiper Matus Kozacik.

''Orang mungkin bilang Spanyol meremehkan kami, tapi kami benar-benar membuat mereka kesulitan dan mereka juga terus menekan kami. Kozacik mampu membuktikan kelasnya dengan penampilan gemilang di babak pertama dan awal babak kedua,'' ungkap Kozak.

Pada laga yang digelar di Stadion Pod Dubnom itu, Slowakia berhasil menang lewat dua gol yang masing-masing dicetak Jurac Kucka, pada menit ke-17, dan Miroslav Stoch saat laga tinggal tiga menit lagi. Sementara satu-satunya gol Spanyol dicetak pemain pengganti Paco Alcacer pada menit ke-82.

Sukses mengemas dua kemenangan di dua laga awal babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Slowakia berhasil memuncaki klasemen sementara Grup C. Hasil ini tidak pernah dibayangkan Jurac Kucka, pencetak gol pertama Slowakia. Sebelumnya, Slowakia berhasil mengalahkan Ukraina.

''Saya tidak pernah menyangka kami bisa langsung mendapatkan poin sempurna di dua laga awal babak kualifikasi. Kami benar-benar berada di mood yang tepat, terutama setelah menang atas Ukraina. Sekarang, kami benar-benar bahagia bisa mengalahkan Spanyol,'' ujar Kucka di Soccerway.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement