Ahad 12 Oct 2014 19:27 WIB

Ambisi Persis Solo Rebut Tiga Poin Terpenuhi

Sejumlah pesepakbola Persis Solo melakukan ujicoba lapangan. (ilustrasi)
Foto: Antara/Noveradika
Sejumlah pesepakbola Persis Solo melakukan ujicoba lapangan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO  --  Persis Solo berhasil memenuhi ambisinya dengan merebut tiga poin. Setelah menang melawan PSCS Cilacap 1-0 pada pertandingan delapan besar Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Manahan, Ahad (12/10) petang.

Tuan rumah Persis yang menjamu PSCS dengan disaksikan sekitar belasan ribu penonton mayoritas pendukung tim asal Solo itu bermain apik. Kedua kesebelaan saling melakukan serangan ke gawang lawan.

Persis yang berambisi untuk bangkit setelah mengalami kekalahan pada pertandinagn sebelumnya sejak menit awal babak pertama menekan pertahanan lawan.

Persis yang melakukan serangan, melalui duet strikernya (Yanuar dan Ferryanto), wing back Dwijoko dan pemain sayap Andrid Winowo, sering memahayakan gawang PSCS yang dikawal oleh kiper Ega Risky.

Serangan Persis sering digagalkan oleh barisan pertahanan PSCS yang dikoordinasi oleh pemain asingnya, Erik Awounza. Pada menit ke-16 melalui tendangan Yanuar berhasil akhirnya tercipta gol buat Persis. Sayang, gol itu dianulir wasit karena Yanuar sebelumnya tertangkap off side terlebih dahulu sehingga kedudukan tetap imbang 0-0.

Peluang Persis kembali terjadi melalui Ferryato pada menit ke-44 yang memanfaatkan umpan silang dari Andrid. Namun, bolanya melenceng ke samping gawang PSCS. Ferryanto kembali mendapat peluang emas pada menit ke-45, tapi bolanya mampu ditangkap oleh kiper PCS yang bermain cemerlang.

Satu-satunya peluang PSCS pada babak pertama terjadi menit 12 melalui serangan balik yang dilakukan tendangan keras oleh Said. Akan tetapi, bolanya juga menyamping gawang Persis yang dijaga oleh Agung Prasetyo. Kedudukan imbang 0-0 ini tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Persis melawan PSCS yang tidak diperkuat empat pemain pilarnya tersebut serangan kelihatan kurang tajam sehingga Pelatih Widyantoro memasukkan beberapa pemain mudanya, antara lain Ferryanto digantikan Kitto Candra, dan M. Wahyu ditarik keluar dan Dedi masuk untuk menambah daya serang timnya.

Sejumlah peluang Persis pada menit ke-68 melalui Kitto Candra yang memanfaatkan umpan Andrid. Hanya saaj, bolanya lagi-lagi melenceng tipis gawang PSCS. Yanuar melalui sundulan kepalanya berhasil ditangkap kiper PSCS pada menit ke-89.

Bahkan, Dedi yang berhasil lolos sendirian dan hanya berhadapan dengan kiper PSCS pada menit ke-72, tendangannya melenceng tipis di kanan gawang sehingga bola keluar untuk tim tamu.

Persis baru berhasil menjebloskan bola ke gawang PSCS pada menit ke-78 melalui sundulan kepala Yanuar yang berdiri bebas menerima bola dari tendagan sudut yang dilakukan Andrid Wibowo sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Persis yang unggul atas PSCS tersebut bangkit lebih termotivasi untuk mengepung pertahanan lawan. Sebaliknya, PSCS pada babak kedua kelihatan terkuras stamina sehingga hanya mampu bertahan agar jangan sampai gawangnya kemasukan.

Persis sebenarnnya bisa menambah gol jika pemainnya, Kitto Candra, bermain lebih tenang. Sebab, pemain nomor punggung 22 itu tendangannya yang hanya berjarak sekitar 5 meter dan kondisi kosong bolanya melenceng ke samping gawang PSCS sehingga kedudukan tetap 1-0 untuk tim tua rumah hingga babak kedua usai.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement