Senin 13 Oct 2014 01:21 WIB

Bale Pernah Ditawar 5 Juta Poundsterling

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: M Akbar
Gareth Bale
Foto: Reuters
Gareth Bale

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan Pelatih Fulham, Martin Jol, mengaku pernah menawar Gareth Bale dengan nilai hanya 5 juta pounsterling ketika masih mengasuh tim Bundesliga Jerman, Hamburger SV pada 2008.

Jol terus berusaha mendatangkan Bale dari Southampton, setelah akhirnya menyerah karena pemain asal Wales tersebut memilih Tottenham Hotspurs dengan kesepakatan dana 7 juta poundsterling.

Menurut Jol, Tottenham mampu meningkatkan bakat Bale dalam bermain, Bakat Bale pun terus diasah dengan menempatkannya sebagai bek kiri. ''Spurs dengan baik melihat Bale sebagai bek kiri, tapi dia mungkin bukan bek kiri terbaik di dunia,'' kata Jol dilansir dari soccernews.

Pelatih asal Belanda tersebut mengakui, Bale memiliki kreatifitas di atas rata-rata seorang pemain bola. ''Ia juga memiliki kecepatan seperti listrik, sehingga semua orang melihat dia lebih cocok sebagai pemain depan, dan Harry Redknapp sadar di kemudian hari,'' kata dia.

Jol melanjutkan, sudah mengetahui bakat Bale sejak awal karir pemain berusia 25 tahun tersebut. Keinginan Jol itu akhirnya 'disambung' oleh Spurs untuk segera mendapatkan Bale.

Jol yang mengasuh Hamburg harus merelakan Bale tidak bermain untuk timnya karena manajemen Hamburg yang tidak menyanggupi permintaan tawaran. ''Kami harus mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan dia. Tapi kita hanya punya 5 juta poundsterling, kita tidak bisa membayar lebih pada saat itu,'' kata dia.

Ia pun mengajukan usulan kepada Hamburg untuk mencari pinjaman demi mendatangkan Bale, namun permintaan Jol tidak diamini mantan klubnya itu. ''Jadi, ya keputusan Hamburg tetap seperti itu. Aku sudah mengusulkan untuk meminjam. Akhirnya, dia tidak bisa bermain untuk kita saat itu,'' kata Jol.

Bale yang tampil bagus di Spurs, dibeli oleh Real Madrid dengan harga fantastis 85 juta poundsterling, pada bursa transfer musim panas tahun, 2013. Musim ini, Bale telah menyumbang empat gol bagi Real Madrid dan tiga assist dalam tujuh pertandingan La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement