Rabu 15 Oct 2014 15:39 WIB

Mengejutkan, Irlandia Utara Berpeluang Lolos ke Piala Eropa 2016

Gelandang Jamie Ward.
Foto: EPA
Gelandang Jamie Ward.

REPUBLIKA.CO.ID, ATHENA -- Berstatus tidak diunggulkan, pencapaian timnas Irlandia Utara sangat mengejutkan. Bahkan, penampilan skuat Green and White Army membuat kagum manajer Michael O’Neill. Dia tidak menyangka, timnya bisa meraih tiga kemenangan beruntun.

Terbaru, Irlandia Utara mengalahkan tuan rumah Yunani, 2-0 di Athena pada Rabu (15/10) WIB. Dua gol kemenangan dicetak Jamie Ward pada menit kesembilan dan Kyle Lafferty pada menit ke-51. Hasil itu membuka lebar peluang mereka untuk lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis.

"Kami tidak memiliki ekspektasi untuk memenangkan tiga pertandingan pertama kami, tapi sayapunya perasaan yang baik tentang hal satu ini," kata O'Neill, dilansir the Guardian.

Kini Irlandia Utara memuncaki klasemen grup F kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan torehan sembilan poin dari tiga laga. Mereka unggul dua angka dari Rumania, dan Yunani baru meraih satu poin hingga terdampar di urutan kelima.

"Saya berkata kepada pemain jika kami memiliki enam poin setelah empat pertandingan kami mungkin relatif senang, sekarang sembilan poin dari tiga laga. Saya pikir kami digdaya. Para pemain senang juga, tapi saya tidak berpikir mereka terkejut."

Dia melanjutkan, modal dua kemenangan di dua laga terakhir menjadi membuat seluruh pemainnya tampil lebih percaya diri melawan juara Piala Eropa 2004 itu. "Mereka percaya bahwa mereka bisa datang ke sini dan mendapatkan sesuatu dari permainan," kata O'Neill.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement