Sabtu 01 Nov 2014 16:35 WIB

Inilah Lima Pemain 'Pembelot' di Derby Manchester (2)

Rep: Cr03/ Red: Erik Purnama Putra
Mantan penyerang MU, Andy Cole.
Foto: Reuters
Mantan penyerang MU, Andy Cole.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Menjelang laga derby Manchester, terdapat fenomena unik perpindahan sejumlahpemain penggawa Manchester United maupun Manchester City. Pertukaran pemain itu statusnya tidak biasa, sebab mereka berpindah ke klub dalam satu kota yang sama, yang merupakan rival sengitnya di wilayah tersebut.

Rivalitas dua klub asal Manchester memang sudah mengakar sejak dahulu. Manchester United lebih dahulu terkenal dalam urusan prestasi bersama manajer mereka, Sir Alex Ferguson. Sementara itu, belakangan ini sang 'tetangga' mulai mengusik ketenangan publik Old Trafford sebagai penguasa Liga Premier Inggris.

Hal itu diikuti juga dengan berpindahnya sejumlah pemain-pemain dari kedua klub.Manchester United menjadi klub yang paling sering dikhianati para 'serdadunya' dengan bergabung dengan klub yang merupakan tetangga mereka ini.

Berikut lima pemain yang menjadi pengkhianat di Derby Manchester, dikutip dari Daily Mail, Sabtu (1/11)

3. Peter Schmeichel

The Great Dane, kiper tangguh asal Denmark ini membuat kejutan luar biasa di awal era millenium. Menjadi ikon Manchester United dan menjadi kunci sukses klub meraih treble winners tahun 1999. Kendati begitu, Schmeichel tidak betah di Old Trafford.

Big Dane, hijrah ke Sporting Lisbon setelah membela MU pada musim 1991-1999. Ia kemudian kembali ke Liga Premier Inggris selama satu musim, dan kemudian hijrah ke Manchester City pada musim 2002-2003.

4. Andy Cole

Goal King Cole, penyerang yang bersama Peter Schmeichel menjadi pemenang treble winners bersama Manchester United pada 1999/2000 ini juga pernah membela rival sekota Manchester United. Dia hengkang dari MU setelah kedatangan Ruud van Nistelrooy ke Old Trafford pada 2001. Ia kemudian berkelana ke Blackburn Rovers, Fulham dan akhirnya membela the Citizens.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement