Kamis 06 Nov 2014 06:01 WIB

Barca Bangkit Kembali

Rep: C12/ Red: Didi Purwadi
Para pemain Barcelona merayakan gol.
Foto: REUTERS/Albert Gea
Para pemain Barcelona merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Laga Ajax Amsterdam versus Barcelona, Kamis (6/11) dinihari WIB, berlangsung sengit. Kedua tim saling menekan satu sama lain sebelum akhirnya Barcelona menutupnya dengan kemenangan 2-0.

Hasil ini membawa Barcelona lolos ke babak 16 besar dengan menduduki posisi kedua Grup F. Sementara, Paris Saint Germain lolo dengan menjadi juara grup setelah semalam menang tipis 1-0 dari menjamu Apoel Nicosia.

Di babak pertama, Ajax memulai permainan dengan agresif. Mereka beberapa kali menggempur pertahanan Barca, tapi sayangnya tidak ada yang berakhir dengan gol.

Delapan menit setelah babak pertama berlangsung, Javier Mascherano mendapat kartu kuning karena berusaha menjegal Thulani Serero yang sedang mengacaukan pertahanan The Catalans.

Selang satu menit berlalu, Barca mulai gantian yang balik menyerang pertahanan Ajax. Hingga akhirnya, terpaksa wasit mengeluarkan lagi kartu kuning.

Kali ini giliran pemain Ajax yang terkena kartu kuning, El Ghazi. Ia berusaha merebut bola di udara dengan Sergio Busquets. Insiden itu membuat Busquets harus mendapatkan perawatan sebentar.

Lalu, sebelum terciptanya gol untuk Barca, pada menit ke-34, Joel Veltman men-tackle penyerang asal Brazil, Neymar, saat hendak mendekati kotak penalti.

Tendangan bebas pun diperoleh Barca, dan dieksekusi Messi. Bola yang sudah meluncur ke sisi kanan kiper Ajax, Jasper Cillesen, dapat ditepis oleh kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, itu. Bola tersebut masih jatuh di depan kotak penalti Ajax, dan dikuasai Barca.

Sebuah tembakan meluncur ke arah gawang Cillesen, tapi terkena pemain Ajax sehingga bola jatuh di sisi kanan gawang Ajax. Pemain belakang Barca, Marc Bartra, berlari mengejarnya, dan bola pun dikuasainya.

Namun, tiba-tiba kiper Cillesen keluar dari area gawangnya untuk menangkap kembali bola itu. Sayangnya, bola yang saat itu masih di kaki Bartra, langsung dioper lambung menuju depan gawang Ajax.

Messi yang berada di posisi depan gawang, langsung menembakan bola ke gawang Ajax yang saat itu hanya ada bek Van Rhijn. Babak pertama pun usai dengan skor sementara 1-0 untuk kemenangan Barca.

Pada babak kedua, Ajax tak henti-hentinya menggempur gawang Barca. Di menit ke-88, gol bagi Ajax hampir tercipta ketika Serero mengirimkan umpan panjang ke Arkadiusz Milik. Namun, Milik gagal memanfaatkan peluang itu.

Gol yang luar biasa berhasil disarangkan Messi di menit ke-76. Gol ini menjadi tanda ditutupnya pertandingan dengan skor akhir 2-0.

Di pertandingan ini, gol kedua Messi sekaligus menyamai rekor pencetak gol terbanyak di Liga Champions selama ini yang dipegang Raul Gonzalez. Tak hanya itu, kemenangan ini menjadi bukti kebangkitan The Catalans setelah tidak pernah mendapatkan kemenangan pada dua pertandingan terakhir di kompetisi La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement