Jumat 21 Nov 2014 17:59 WIB

Gara-Gara Tunjuk Mackay Sebagai Pelatih, Sponsor Wigan Putuskan Kontrak

Malky Mackay
Foto: wikimedia
Malky Mackay

REPUBLIKA.CO.ID, WIGAN-Sponsor baju klub Wigan Athletic mengakhiri kerjasamanya dengan klub Divisi Championship itu. Menyusul keputusan Wigan mengangkat Malky Mackay sebagai pelatih baru klub Inggris tersebut.

Mackay diumumkan sebagai pelatih baru Wigan pada Rabu (19/11) meskipun Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) tengah menyelidiki laporan tindakan rasis yang dilakukannya. Mackay disebut mengirikan pesan singkat yang "sepenuhnya tidak bisa diterima dan tidak pantas"

Premier Range, yang mensponsori bagian belakang kaus Wigan, merilis sebuah pernyataan pada Kamis (20/11) yang mengatakan "Kami memutuskan hubungan kami" dengan klub karena "penunjukan Malky Makay baru-baru ini telah menempatkan kami dalam posisi yang tidak dapat dipertahankan."

Seperti dikutip AP, perusahaan itu mengatakan pesan teks Mackay "bertentangan dengan etos umum di Premier Range."

Wigan juga telah dikritik oleh organisasi anti-diskriminasi sepak bola Inggris, Kick It Out, karena mempekerjakan Mackay.

Mackay menggunakan kata 'chink' untuk kata ganti orang Cina dan menyebut orang Yahudi sebagai 'pengejar uang'. Padahal 'chink' dianggap ofensif, mirip dengan menyebut orang Afrika-Amerika dengan panggilan 'niger' atau 'negro'. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement