Jumat 21 Nov 2014 19:49 WIB

Kewell, Hong dan Daei Masuk 'Hall of Fame' AFC

Rep: c65/ Red: Israr Itah
Harry Kewell
Foto: Kin Cheung/AP Photo
Harry Kewell

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA--Mantan bek dan pelatih Korea Selatan Hong Myung-bo, eks striker Iran, Ali Daei dan mantan bintang timnas Australia Harry Kewell masuk kedalam jajaran 10 peraih penghargaan Hall of Fame Federasi Sepakbola Asia (AFC), Jumat (21/11). Sekaligus, menjadi sejarah di penghargaan Hall of Fame AFC pertama itu.

Hong, seringkali mendapat predikat sebagai bek terbaik di Asia, kapten Korea Selatan tersebut sukses membawa negaranya berada di peringkat keempat Piala Dunia 2002 di Korea Selatan dan Jepang sekaligus menjadi pertandingan ke-136nya di timnas.

Namun, dia juga memiliki pengalaman kurang menyenangkan di Piala Dunia tahun ini. Sebagai pelatih, lelaki berusia 45 tahun tersebut gagal membawa timnya lolos lantaran harus tersingkir di fase grup.

Sementara itu mantan striker Bayern Muenchen Daei telah bermain 149 kali membela Iran. Dia juga telah mencetak 100 gol untuk negaranya. Sedangkan Kewell merupakan pemain Australia terbesar yang sempat membela Leed United dan Liverpool di Liga Primer Inggris.

Selain mereka bertiga, nama Homayoun Behzadi (Iran), Soh Chin Aun (Malaysia), Yasuhiko Okudera (Jepang) dan Sami Al Jaber (Arab Saudi), Baichung Bhutia (India) juga masuk ke dalam daftar penghargaan tersebut.

Adapula dua pemain wanita, Sun Wen (China) yang mencetak 106 gol dalam 152 penampilannya bersama China dan kapten Jepang Homare Sawa yang sukses membawa negaranya meraih Piala Dunia 2011. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement