Selasa 25 Nov 2014 17:56 WIB

Kalah 0-4, Indonesia Tunggu Keajaiban Lolos di Piala AFF 2014

Timnas Senior Indonesia
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Timnas Senior Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Indonesia hampir dipastikan tersisih dari Piala AFF 2014. Ini setelah skuat asuhan Alfred Riedl dipermalukan Filipina 0-4 dalam laga kedua Grup A di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (25/11).

Indonesia butuh keajaiban untuk menjaga peluang lolos. Yakni berharap Laos setidaknya menahan Vietnam dalam laga Grup A lainnya yang akan dimulai pada pukul 19.00 malam ini. 

Bila Vietnam mengalahkan Laos, Indonesia berharap Filipina mengalahkan Vietnam dalam laga terakhir. Bukan hanya itu, Indonesia juga wajib menang dengan skor besar agar membuat selisih gol tim Merah Putih lebih besar dari Vietnam.

Filipina menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF 2014. The Azkals memimpin Grup A dengan nilai enam dari dua pertandingan. Vietnam berada di tempat kedua dengan nilai satu dari satu laga. Indonesia menempati posisi ketiga dengan nilai satu dari dua pertandingan disusul Laos yang belum memperoleh poin.

Indonesia tertinggal 0-1 lewat penalti Philip Younghusband pada menit ke-16. Ia diganjal Firman Utina saat melakukan akselerasi ke kotak penalti Indonesia, memanfaatkan kecerobohan M Roby yang melakukan backpass. Younghusband yang mengeksekusi sendiri hadiah penalti dari wasit Fahad Al Marri menaklukkan Kurnia Meiga dengan mudah.

Babak kedua, tepatnya menit ke-52, Filipina menambah keunggulan lewat Manuel Ott. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti memanfaatkan umpan terukur dari sisi sayap kiri dari Misagh Bahadoran. Meiga tak kuasa menahan derasnya laju bola.

Skuat asuhan Alfred Riedl tertinggal semakin jauh setelah Martin Steuble mencetak gol pada menit ke-68 lewat tendangan bebas tak langsung. Ia menerima sodoran bola Younghusband dan menendang bola dengan mudah ke gawang kosong karena para pemain Indonesia sibuk memprotes wasit Fahad Al Marri termasuk Meiga.

Para pemain Indonesia tak terima diberikan hukuman tendangan bebas karena menganggap bola yang ditangkap Meiga dari kemelut di kotak 16 itu bukanlah backpass terlarang. Tapi wasit kukuh pada keputusannya dan Filipina memanfaatkan peluang ini dengan cerdik.

Indonesia makin terpuruk setelah Rizky Rizaldi Pora diusir wasit pada menit ke-73 karena menghentikan Younghusband yang tinggal berhadapan dengan Meiga.

Pemain pengganti Rob Gier pun menggenapkan keunggulan Filipina pada menit ke-79. Ia yang berdiri tanpa kawalan mencocor bola dengan mudah memanfaatkan kemelut di kotak penalti Indonesia.

Susunan pemain

Filipina (4-5-1)

Patrick Deyto; Simone Rota, Juan Guirado (Rob Gier 16'), Amani Aguinaldo, Daisuke Sato; Jerry Lucena, Manuel Ott, Patrick Reichelt (Christopher Greatwich 72'), Martin Steuble, Misagh Bahadoran (S Greatwich 85'); Phil Younghusband

Pelatih: Thomas Dooley

Indonesia (4-4-2)

Kurnia Meiga; Achmad Jufriyanto, Muhamad Roby, Zulkifli Syukur, Rizky Pora; Raphael Maitimo; Firman Utina (Manahati Lestusen 71'), Zulham Zamrun (Cristian Gonzales 65'), Muhammad Ridwan (Boaz Solossa 46'); Samsul Arif, Sergio van Dijk

Pelatih: Alfred Riedl

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement