Selasa 25 Nov 2014 21:20 WIB

Vietnam Taklukkan Laos, Posisi Indonesia Kritis

Vu Minh Tuan merayakan golnya ke gawang Vietnam bersama rekan-rekannya dalam laga Piala AFF 2014, Selasa (25/11).
Foto: Kham/Reuters
Vu Minh Tuan merayakan golnya ke gawang Vietnam bersama rekan-rekannya dalam laga Piala AFF 2014, Selasa (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI--Tuan rumah Vietnam memperbesar peluang lolos ke semifinal Piala AFF 2014 mewakili Grup A. Ini berkat kemenangan dengan skor 3-0 atas Laos di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (25/11) malam.

Dengan hasil itu Vietnam mengantongi nilai empat dari dua kali pertandingan. The Reds menempati urutan kedua klasemen sementara di bawah Filipina yang mengoleksi nilai enam. Sementara itu Laos dipastikan tersisih karena sebelumnya mereka juga kalah 1-4 dari Filipina.

Hasil ini membuat posisi Indonesia kritis. Skuat asuhan Alfred Riedl berharap keseriusan Filipina untuk mengalahkan Vietnam di laga terakhir. Sebab bila berakhir imbang atau Filipina kalah, Vietnam dipastikan lolos ke semifinal.

Jika Filipina menang, terlebih dengan skor besar. Firman Utina dkk wajib menang dengan skor sebesar-besarnya agar unggul dalam perhitungan selisih gol melawan Vietnam.

Seperti ketika melawan Indonesia, Vietnam langsung bermain cepat dengan serangan yang dibangun dari sayap. Penyerang tengah Le Cong Vinh kali ini langsung dimainkan. Ia menjadi ancaman bagi pertahanan Laos.

Laos sendiri banyak mengandalkan serangan balik melalui penyerang mereka yang lincah Kampheng Sayavuth.

Gol Vietnam dicetak Vu Minh Tuan menit ke-27 setelah beberapa kali tim tuan rumah melakukan tekanan dari lapangan tengah. Vietnam sebenarnya punya banyak kesempatan mencetak gol tambahan, namun seringkali penyerang mereka kurang tenang sehingga gagal dalam penyelesaian akhir.

Misalnya Nguyen Van Quyet yang mendapat umpan silang dari sayap kiri tendangannya tidak terarah ke gawang pada menit ke-80.

Vietnam akhirnya dapat menambah keunggulan pada menit ke 84 melalui Le Cong Vinh, dan Nguyen Huy Hung menit ke-88.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement